Pilihan Makanan Sahur yang Aman Bagi Lambung

makanan sahur yang aman

PrimaBerita – Makanan yang dimakan saat sahur sebaiknya makanan yang aman bagi lambung. Khususnya bagi penderita maag, ada makanan pemicu yang sebaiknya dihindari. Karena jika asam lambung tiba-tiba naik maka bakal terasa sangat sakit. Ujung-ujungnya bisa membatalkan niat puasa.

Jadi makanan sahur juga bisa berpengaruh. Lantas supaya puasa menjadi lebih aman, cobalah simak informasi makanan sahur yang aman bagi lambung berikut ini.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini termasuk ke dalam deretan makanan yang mengandung lemak sehat. Selain melengkapi rasa kenyang, buah ini aman bagi lambung. Anda bisa mengonsumsinya setelah makan nasi.

  1. Buah Pisang

Sama seperti alpukat, buah pisang juga bagus kita konsumsi saat sahur. Anda bisa menyajikannya bersama dengan menu sehat lainnya.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat tinggi sehingga bisa mengurangi kelebihan asam lambung. Selain itu juga dapat memudahkan pergerakan makanan dalam lambung.

  1. Putih Telur

Selain itu ada juga putih telur yang bisa anda jadikan sebagai pilihan saat makan sahur. Mengonsumsi bagian kuning telur terlalu banyak bisa memicu asam lambung naik. Jadi konsumsi saja bagian putih telurnya.

  1. Sayur Bayam

Cobalah mengonsumsi sayur bayam saat makan sahur. Bayam berfungsi serupa dengan pisang. Makanan-makanan seperti ini akan menyeimbangkan tingkat keasamaan lambung. Misalnya sajikan sup bening bayam dengan nasi hangat dan lauk.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang rendah lemak dan dapat mengurangi resiko kenaikan asam lambung. Namun saat mengolahnya sebagai hidangan lezat sebaiknya gunakan bumbu yang tidak banyak mengandung asam.

  1. Buah Melon

Melon termasuk ke dalam kelompok buah-buahan yang mengandung basa. Kandungan magnesium dari melon bisa mengobati kelebihan asam lambung. Sajikan beberapa potong buah melon sebagai variasi menu sahur.

  1. Dada Ayam

Dada ayam yang kaya akan protein bisa jadi pilihan lainnya. Anda bisa memisahkan kulitnya terlebih dahulu lalu memasaknya dengan cara bakar dalam microwave. Atau dada ayam juga bisa anda sajikan sebagai olahan sup.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Ini Tips Puasa Bagi Penderita Maag Agar Tetap Lancar

Add a Comment