Makanan ini Tinggi Kolesterol Jahat, Hindari Segera

makanan tinggi kolesterol jahat

PrimaBerita – Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan terutama jika berlebihan dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang memiliki tinggi kolesterol jahat yang sebaiknya anda hindari atau kurangi jumlah konsumsinya.

LDL bertugas mengangkut kolesterol menuju sel-sel tubuh yang membutuhkannya, melalui sistem peredaran darah. Namun jika terlalu banyak, asupan kolesterol bisa menyebabkan penumpukan di dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah terganggu. Penyempitan pada pembuluh darah arteri, akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Berikut Makanan Tinggi Kolesterol Jahat yang sebaiknya segera anda hindari :

Hati

Hati memang memiliki manfaat yang berguna untuk tubuh karena kaya akan zat besi. Namun hati merupakan salah satu makanan yang tinggi kandungan kolesterol. Dalam 100 gram hati sapi misalnya, terkandung hampir 400 mg kolesterol. Jumlah tersebut terbilang tinggi karena tubuh orang dewasa hanya membutuhkan kolesterol kurang 300 mg setiap harinya.

Lobster

Dalam 85 gram lobster, setidaknya terdapat 125 mg kolesterol. Angkanya akan bertambah lagi setelah anda masak dengan bahan tertentu. Hindari mengolah lobster dengan bahan lain yang juga kaya kolesterol, misalnya anda goreng menggunakan minyak sayur atau mentega. Lobster juga bisa anda olah dengan membakarnya atau memanggangnya.

Burger

Salah satu makanan yang paling banyak orang cari ketika sedang sibuk adalah junkfood atau makanan cepat saji. Perhatikan kandungan gizinya, terutama bagi Anda yang memilih burger dengan taburan keju dalamnya.

Makanan siap saji ini mengandung sekitar 85 mg kolesterol dan 10-20 gram lemak jenuh. Jumlah tersebut belum ditambah dengan kentang goreng, milkshake atau es krim. Jelas menu instan ini bukan kombinasi yang ideal untuk anda tambahkan ke dalam tubuh Anda.

Steak iga

Meskipun, memasak steak dengan minyak zaitun, kolesterol dalam daging iga tetaplah tinggi. Hanya dengan mengonsumsi daging iga sapi sekitar 115 gram, kuota kolesterol yang boleh anda konsumsi dalam sehari sudah melebihi. Sekitar 50 persen batas harian tubuh akan lemak jenuh juga sudah dipasok dari daging iga tersebut.

Camilan

Lemak jenis trans dalam camilan sehat pun berubah menjadi makanan yang tinggi kolesterol. Misalnya, kue kering, kentang goreng, onion ring, keripik kulit ayam, dan kerupuk. Umumnya makanan tersebut akan mellaui proses dengan minyak yang terhidrogenasi alias mengandung lemak trans.

Untuk membatasi porsi, sebaiknya baca label kemasan untuk mengetahui berapa kadar kolesterol yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi.

Selain membatasi atau menghindari makanan tersebut, perubahan gaya hidup juga harus anda lakukan. Yang pertama kali harus anda lakukan adalah mencapai berat badan ideal. Kemudian, lakukan olahraga secara teratur. Jangan lupa untuk berhenti merokok dan menjauhi konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa anda kendalikan.

Add a Comment