Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur Agar Puasa Lancar

hindari makanan saat sahur

PrimaBerita – Selama menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadhan ini. Ada baiknya untuk hindari beberapa makanan dan minuman ini saat sahur agar puasa lancar. Selain tiu, mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga perlu. Tak lupa pula untuk meminum banyak air putih agar cairan tubuh anda terpenuhi.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Makanan dan Minuman yang perlu Anda Hindari Saat sahur :

Makanan mengandung karbohidrat sederhana

Makanan yang terbuat dari karbohidrat sederhana atau olahan hanya membuat perut kenyang dalam waktu singkat. Selain itu, memiliki sedikit nutrisi dan kalori yang baik untuk tubuh. Contohnya seperti lain kue-kue pastri dan makanan lainnya yang terbuat dari tepung terigu.

Kopi

Jika anda memiliki gangguan pencernaan sebaiknya menghindari kopi karena dapat menyebabkan diare. Selain itu, kopi juga dapat membuat cepat haus saat sedang berpuasa. Minum air putih yang cukup saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi walaupun sedang berpuasa.

Makanan instan

Pasta instan, ramen atau mie instan sebaiknya anda hindari saat sahur. Karena kalorinya rendah sehingga membuat rasa kenyang tidak akan bertahan lama.

Nutrisi seperti fiber dan protein pada makanan instan pun tidak banyak, sehingga bisa membuat tubuh relatif lemah saat berpuasa.

Sereal

Sereal hanya membuat perut kenyang bertahan dalam waktu yang singkat. Memakan sereal untuk sahur akan membuat anda cepat lapar saat berpuasa. Sebaiknya mengimbanginya dengan tambahan makanan lain agar lebih bertenaga saat puasa.

Makanan pedas

Memang beberapa makanan Indonesia rasanya kurang nendang jika tidak anda tambahkan cabai. Namun, ada alternatif lain yang dapat anda lakukan jika tetap ingin makan makanan pedas saat sahur, yaitu mengganti cabai dengan paprika.

Kubis

Kubis memiliki kandungan fruktan tinggi, yaitu sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya hindari memakan kubis saat sahur karena dapat menyebabkan kembung, sakit perut, dan diare.

Makanan asin

Makanan asin yang memiliki kandungan garam tinggi seperti hot dog, burger, mi instan, acar, keripik, dan lain-lain dapat membuat cepat haus saat berpuasa. Hal ini karena kadar natrium dalam tubuh tidak seimbang.

Petai

Setelah memakan petai maka bau mulut akan menjadi tidak sedap. Mengonsumsi petai secara berlebihan dapat menyebabkan perut dan kepala menjadi sakit.

Jengkol

Jengkol dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, mual, dan muntah. Orang yang memiliki asam lambung pun sebaiknya menghindari jengkol sebagai menu sahurnya.

Makanan dan minuman tinggi kadar gula.

Roti manis, minuman dengan pemanis buatan, soda, permen, dan sebagainya yang tinggi akan kadar gula sebaiknya juga anda hindari  saat sahur. Karena akan memicu keinginan untuk makan berlebihan dari rasa lapar saat berpuasa.

Add a Comment