Hati-hati, Hal-hal Seperti Ini Bisa Memicu Serangan Jantung

hal-hal memicu serangan jantung

PrimaBerita – Hal-hal yang memicu serangan jantung bisa terjadi karena lingkungan sekitar. Karena itu penyakit ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh orang yang mempunyai penyakit jantung saja.

Menurut data dari WHO atau organisasi kesehatan dunia menyebutkan bahwa setidaknya ada 17 juta orang meninggal akibat kondisi tersebut. Pun demikian serangan jantung bisa kita minimalisir dengan berbagai upaya dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Beberapa faktor pemicu serangan jantung yang paling umum adalah akibat tingginya kolesterol, tekanan darah, serta riwayat penyakit lain. Lantas apa kira-kira yang menjadi faktor pemicu lainnya?

Hal-hal yang Bisa Memicu Serangan Jantung

  1. Emosi yang Berlebihan

Tahukah anda bahwa emosi yang berlebihan sebenarnya dapat memicu serangan jantung? Studi dari Cleveland Clinic menunjukkan bahwa ketika emosi meluap-luap maka detak jantung serta tekanan darah bisa meningkat secara mendadak. Kondisi inilah yang bisa memicu serangan jantung pada seseorang.

  1. Tinggal Pada Lingkungan yang Dingin dalam Waktu Lama

Terpapar suhu rendah yang sangat ekstrem menjadi salah satu hal yang turut bisa memicu serangan jantung. Terlebih ketika kita tidak biasa mengalaminya. Ini dapat terjadi karena udara bersuhu rendah ternyata dapat menyebabkan arteri mengerut akhirnya tekanan darah pun mengalami peningkatan.

  1. Terlampau Banyak Makan

Sebuah studi dari AHA tahun 2000 menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 26 jam setelah makan besar, resiko serangan jantung dapat mengintai. Hal itupun dapat terjadi karena pencernaan makanan mengeluarkan banyak hormon ke dalam pembuluh darah. Jadi jika semakin tinggi aktivitas tersebut maka semakin banyak pula zat yang akan menyebabkan penyumbatan. Alhasil, darah yang penuh oksigen begitu sulit untuk masuk ke jantung.

  1. Menjalani Aktivitas Berat

Melakukan aktivitas berat yang tidak wajar juga bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Contohnya, sebelumnya anda tidak pernah berolahraga namun pada suatu hari anda langsung melakukan kegiatan angkat beban dalam jangka waktu yang lama pula. Hal ini dapat membuat jantung menjadi kaget, pembuluh darah mengerut, sehingga serangan jantung bisa terjadi.

  1. Banyak Terpapar Polusi

Cobalah menghindari area yang banyak paparan polusinya supaya anda terhindar dari resiko serangan jantung. Menghirup polusi dalam jangka panjang bisa menyebabkan resiko yang lebih besar yakni kematian.

Add a Comment