Waspada! Ini Penyebab Tekanan Darah bisa Naik Drastis

PrimaBerita –  Sudah saat nya anda mengetahui penyebab tekanan darah bisa naik drastis. Jika tekanan darah sudah hampir melebihi 120 mmHg pada tekanan sistolik dan lebih dari 80 mmHg pada diastolik, maka sudah saatnya untuk memperbaiki pola hidup.

Berikut penyebab tekanan darah bisa naik drastis yang harus anda waspadai

1.Faktor Usia

Pertambahan usia adalah salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi. Artinya, semakin tua seseorang maka kemungkinan mengalami hipertensi pun semakin tinggi. Hal ini terjadi karena pembuluh darah cenderung mengalami pengerasan di usia tua.

Baca juga : Makan Ini! Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

2.Obesitas

Kelebihan berat badan alias obesitas bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Ini karena lemak yang bertumpuk pada tubuh akan mengganggu sirkulasi darah. Sebuah penelitian mengenai obesitas dan hipertensi pernah dilakukan dan melibatkan 100 ribu anak berusia 3-27 tahun.

Dari penelitian ditemukan bahwa anak dan remaja yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami hipertensi dibanding mereka yang memiliki berat badan normal. Maka dari itu, perlu untuk memastikan bobot tubuh tidak berlebihan agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

3. Konsumsi Garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam terbukti bisa memicu hipertensi. Namun, tingkat sensitivitas terhadap garam biasanya berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Bisa jadi, penyebab tekanan darah seseorang naik secara drastis adalah karena ia sangat sensitif dengan garam. Jika ini terjadi, maka penting untuk membatasi konsumsi garam yang masuk dalam tubuh.

Baca juga : Benarkah Garam Menyebabkan Hipertensi? Simak Agar Terhindar Yuk!

4. Alkohol Berlebih

Kebiasaan mengonsumsi alkohol ternyata tak hanya akan memicu kerusakan pada organ hati dan ginjal. Kebiasaan ini nyatanya juga bisa mengacaukan tekanan darah. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol disebut dapat meningkatkan tekanan darah seseorang hingga dua kali lipat.

Sayangnya, naiknya tekanan darah tinggi sering tidak disadari, sehingga menimbulkan dampak berbahaya. Kurang kesadaran dan pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan darah tinggi tiba-tiba melonjak. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memantau tekanan darah sehari-hari. Jika telah mulai merasa gejala, seperti lemas dan sakit kepala, segera cek tekanan darah.

 

Add a Comment