Cara Menabung Untuk Liburan ke Tempat Impian Anda

cara menabung untuk liburan

PrimaBeritaLiburan juga merupakan suatu kebutuhan untuk kesehatan mental anda. Ini juga merupakan cara terbaik untuk lepas dari penat dan tekanan setelah bekerja. Anda bisa melakukan beberapa cara menabung untuk liburan ke tempat impian anda ini.

Aspek terpenting yang harus Anda pikirkan saat merencanakan liburan adalah biaya yang harus anda keluarkan nantinya. Menabunglah sejak jauh-jauh hari agar saat anda pulang liburan tidak stress karena tagihan kartu kredit membengkak.

Berikut Cara Menabung Untuk Liburan ke Tempat Impian Anda :

Buat rencana yang matang

Agar liburan tidak hanya wacana, anda bisa memulainya dengan membuat rencana liburan yang matang. Jika Anda membuat rencana liburan yang matang, Anda bisa mengkalkulasi biaya yang anda butuhkan selama berlibur, lalu bagilah dengan sisa bulan yang masih ada.

Nantinya, Anda akan tahu berapa jumlah yang harus anda tabung setiap bulannya. Cara ini bisa meringankan dan memudahkan Anda.

Hitung biaya secara rinci

Tentukan moda transportasi apa yang akan Anda gunakan baik itu darat maupun udara. Masukkan pula biaya makan, biaya untuk membeli cindera mata, dan biaya yang anda butuhkan untuk aktivitas liburan (mengunjungi museum, pusat hiburan, atau menyewa alat), dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul.

Jika Anda berencana liburan akhir tahun, bersiaplah menyiapkan dana lebih karena pada musim liburan, semua tarif biasanya mengalami kenaikan.

Gunakan fitur pemotongan otomatis

Meskipun anda adalah orang yang super hemat, akan selalu ada saat anda merasa tergoda untuk mengurangi tabungan anda karena ada kebutuhan yang lain.

Untuk mencegahnya, gunakan fitur pemotongan otomatis pada bank tempat Anda menabung. Tetapkan jumlah bulanan yang anda inginkan serta jangka waktu kapan Anda ingin uang tersebut anda cairkan.

Dengan cara ini, biaya liburan Anda akan tetap aman dan Anda tidak akan khawatir kekurangan uang nantinya. Fitur ini akan sangat membantu, terutama jika Anda adalah seseorang yang sulit menabung.

Tentukan apakah Anda akan berlibur sendiri atau tidak

Semakin banyak orang yang pergi liburan maka semakin sedikit pula biaya yang harus Anda keluarkan. Bayangkan saja berapa uang yang bisa Anda hemat untuk biaya penginapan.

Untuk itu, tentukan dengan siapa Anda akan berlbur. Anda bisa menyusun rencana bersama, menghitung budget bersama, dan menghindari rencana di menit-menit terakhir yang bisa memakan banyak biaya

Pangkas biaya sehari-hari

Pangkas biaya-biaya yang tidak perlu dan lakukan penghematan pada semua sektor yang mungkin. Usahakan memasak sendiri di rumah, makan di rumah, dan membawa bekal saat ke kantor. Tentu jauh lebih hemat daripada makan di luar. Dengan begitu, Anda bisa menabung lebih banyak untuk liburan akhir tahun.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah memangkas biaya “jajan” Anda. Jika biasanya Anda suka membeli kopi sebelum berangkat kerja, pangkas pengeluaran itu karena kopi bukanlah kebutuhan pokok Anda.

Hentikan langganan yang tidak perlu

Mulai dari berlangganan TV kabel, internet, Netflix, dan langganan-langganan lain yang tidak perlu. Jika Anda adalah orang yang bekerja sepanjang hari, rasanya tidak perlu berlangganan TV kabel.

Habiskan waktu sepulang kerja pada malam hari untuk beristirahat. Untuk berlangganan internet dan Netflix, Anda bisa menghentikannya sementara. Manfaatkan layanan WiFi gratis yang ada di kantor atau di tempat-tempat umum seperti kafe dan ruang publik.

Gunakan aplikasi keuangan

Gunakan aplikasi keuangan untuk membantu Anda mencatat pengeluaran anda sehari-hari. Aplikasi keuangan bisa membantu Anda untuk menabung dan mengontrol keuangan Anda secara keseluruhan. Rekomendasi aplikasi yang bisa anda gunakan adalah PrimaCash. Aplikasi ini akan memberikan laporan pemasukan dan pengeluaran anda secara rinci. Selain itu juga mudah untuk anda gunakan. Anda bisa mengunduhnya pada Play Store atau klik disini.

Mencari pekerjaan sampingan

Tidak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan untuk membantu Anda mengumpulkan biaya liburan dengan lebih cepat. Tidak perlu mencari pekerjaan yang berat, cari pekerjaan yang menyenangkan, sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung agar bisa liburan. Jangan menyerah dan mengeluh meski dalam proses mengumpulkan uang Anda menemui banyak godaan dan kendala.

Add a Comment