Awas Kena Sadap !! Jangan Buka Akses Ini Pakai WiFi Umum

buka akses pakai wifi umum

PrimaBerita – Bagi anda yang menyukai tempat tongkrongan yang menyediakan WiFi gratis sebaiknya anda berhati-hati agar data anda tidak kena sadap. Ada baiknya jangan buka beberapa akses ini pakai wifi umum seperti cafe, restoran atau tempat yang lainnya.

Ternyata ada risikonya, jika anda sampai lalai bisa jadi hacker mengambil data-data anda kemudian ia gunakan untuk hal-hal yang merugikan anda atau orang lain.

Berikut Akses yang jangan sampai anda buka saat pakai wifi umum :

Memeriksa email pribadi atau kantor

Jika keamanan jaringan internet anda tidak kuat, para hacker dapat dengan mudah mengetahui apa saja identitas anda saat mengakses email anda pada tempat umum yang menyediakan fasilitas WiFi.

Para hacker bisa saja melakukan reset semua layanan menggunakan identitas dari email pribadi atau kantor anda. Jadi mulai sekarang hindari membuka email terutama yang sifatnya pribadi dan rahasia pada tempat yang menyediakan WiFi umum.

Membuka akun rekening bank

Hal yang wajar jika anda ingin menghemat data internet, dan memilih pakai WiFi untuk membuka akun rekening bank. Namun perlu anda ketahui, hal ini bisa jadi celah hacker untuk mencuri identitas ketika anda membuka akun rekening bank pada fasilitas WiFi umum.

Mengaktifkan fitur bluetooth atau tethering

Lupa menonaktifkan fitur bluetooth atau tethering dari laptop atau smartphone setelah Anda gunakan. Jika kedua fitur tersebut lupa anda nonaktifkan. Maka tidak menutup kemungkinan kebocoran data pribadi akan semakin besar terjadi jika anda  melakukannya pada area internet publik,.

Para hacker akan leluasa melihat isi data pribadi pada laptop atau smartphone anda.

Membuka situs yang tidak jelas

Coba perhatikan ketika anda menghubungkan laptop ke jaringan WiFi publik. Biasanya akan muncul banyak iklan yang memuat laman-laman tidak jelas bertebaran pada situs browser. Nah, jangan sampai anda membukanya.

Laman tersebut bisa saja mengusung virus buatan hacker yang ingin menjebol informasi dari perangkat atau akun pribadi anda.

Menggunakan aplikasi tertentu

Jadi, saat menggunakan WiFi publik lebih baik anda masuk ke dalam browser resmi pada laptop, daripada harus memakai aplikasi dari ponsel.

Pasalnya, web browser telah melalui audit keamanan yang ketat untuk e-commerce dan transaksi sensitif lainnya dan lebih aman.

Melakukan transaksi elektronik

Ketika anda ingin membayar tagihan listrik atau barang yang anda pesan dari situs e-commerce. Sebaiknya segera hindari karena ini sangat berisiko. Hacker punya celah untuk mengakses via jaringan internet publik. Mereka akan mengetahui semua informasi pribadi dan membobol akun bank anda.

Add a Comment