Agar Ban Kembali Lurus Begini Cara Spooring Mobil yang Benar

cara spooring mobil yang benar

PrimaBerita – Untuk melakukan spooring mobil yang benar terdapat beberapa cara yang harus dilakukan. Spooring merupakan servis rutin untuk kendaraan roda empat.

Seiring waktu, penggunaan dalam waktu lama serta sejumlah perubahan dapat membuat performa mobil berubah. Begitu juga dengan kondisi ban mobil. Oleh karena itu para pemilik mobil penting untuk melakukan spooring ini agar ban mobil kembali lurus seperti pada posisi semula.

Akan tetapi mobil yang membutuhkan spooring biasanya ditandai dengan munculnya kondisi tertentu. Misalnya pada jenis mobil SUV, masalah spooring bisa akan sangat terasa ketika pengendara melewati jalanan bergelombang. Lantas setir mobil juga akan terasa berat ke kiri atau ke kanan.

Kemudian tanda lainnya ketika mobil sudah membutuhkan spooring yaitu setir mobil juga akan terasa bergetar saat melaju pada kecepatan tertentu. Untuk lebih jelasnya, anda juga bisa melihat dari kondisi berikut ini.

a. Permukaan ban sudah tidak rata

b. Arah roda tidak lurus

c. Setir terasa berat dan agak sulit terkendali

d. Setir mobil bergetar saat berjalan

e. Arah setir mobil condong ke satu sisi

f. Posisi ban melintang saat parkir ke tempat rata

g. Setir tidak kembali ke posisi awal setelah berbelok

h. Posisi ban belakang tidak sejajar dengan bodi mobil bagian belakang

Cara Spooring Mobil yang Benar

Ketika anda sudah menemui tanda-tanda seperti itu maka segera lakukan servis spooring dan balancing agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Sporing bisa anda lakukan secara manual atau dengan membawa mobil ke bengkel khusus mobil. Nantinya pada bengkel khusus mobil, servis spooring akan menggunakan mesin khusus untuk melihat keseimbangan dari ban mobil.

Sedangkan cara spooring manual dapat anda lakukan dengan bantuan benang yang terbentang melingkari keempat ban. Hal ini guna melihat posisi ban. Nah jika terdapat kerenggangan maka ban mobil anda memang perlu spooring.

Lakukan dengan menyetel tie rod pada roda yang belum lurus jika anda memilih spooring manual. Adapun tie rod merupakan komponen mobil yang meneruskan setir bagian bawah yang berfungsi mengegrakan roda ke arah kanan dan ke kiri.

Add a Comment