Yuk Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil dengan Cara Ini

Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

PrimaBerita – Menghemat konsumsi bahan bakar mobil dapat ditentukan dari cara mengemudi seseorang. Selain itu para pengemudi juga harus dapat memahami teknik mengemudi yang efektif supaya bisa menekan penggunaan konsumsi bahan bakar yang berlebihan.

Namun perlu anda ingat bahwa untuk membuat mesin lebih irit bahan bakar juga ternyata memiliki ragam cara. Anda bisa melakukan cara dengan menjaga putaran mesin agar tetap stabil atau pada rentang 2 ribu hingga 3 ribu rpm. Selain itu hindari pula melakukan hentakan pada pedal gas untuk melakukan akselerasi yang tidak perlu.

Sementara itu putaran mesin yang terlalu tinggi juga mampu membuat suplai bensin ke ruang bakar jadi semakin banyak. Akan tetapi bila terlalu rendah, pengendara butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah tingkat kecepatan. Hal ini pula yang membuat mesin kendaraan butuh bahan bakar menjadi lebih banyak.

Lihat Juga: Begini Sejarah Brompton, Sepeda Lipat yang Mahal dan Lagi Viral

Terkait konsumsi BBM mobil, pengemudi tidak dsarankan juga mengemudi secara agresif. Maka para pengemudi harus mengupayakan kendaraan melaju secara konstan pada kecepatan 60 – 70 km/jam.

Begitupun saat menjaga laju kecepatan, hal ini juga dapat membuat suplai bahan bakar terjaga. Ini artinya akselerasi sebuah mobil bisa memainkan peran untuk mengirit bahan bakar atau sebaliknya. Hal lainnya yang juga perlu mendapat perhatian yaitu mamastikan tekanan udara ban apakah sudah sesuai atau tidak.

Cobalah untuk menghidari tekanan angin yang terlalu rendah sebab kondisi ini akan memerlukan lebih banyak tenaga mesin. Kemudian ada baiknya menghindari pengereman secara berlebihan saat mobil sedang melaju. Alasannya karena dapat memaksa anda untuk menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula hingga memakan lebih banyak bahan bakar mobil.

Dan saran yang terakhir yaitu menggunakan bahan bakar mobil berkualitas tinggi. Karena performa mesin kendaraan juga dapat bergantung pada bahan bakar yang anda gunakan atau dengan kata lain bahan bakar tersebut harus sesuai dengan spesifikasi mobil.

Add a Comment