Ini Penyebab Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Distarter

penyebab mobil tidak bisa distarter

PrimaBerita – Selain motor, mobil merupakan sarana transportasi yang orang gunakan untuk aktivitas seharian. Agar anda bisa menggunakan mobil, starter mobil merupakan cara yang bisa menghidupkan mesin mobil. Ada beberapa penyebab mesin mobil anda tidak bisa distarter yang penting anda ketahui.

Penyebab mobil tidak bisa anda starter bisa melibatkan banyak komponen mobil dan penyebabnya tidak melulu soal aki soak. Bisa jadi karena komponen lain seperti dinamo, aki, saluran bensin atau selang bensin, bensin habis, dan koil yang terlalu panas.

Berikut Penyebab Mesin Mobil Anda Tidak Bisa Distarter

Masalah pada busi

Bisa saja karena masalah pada busi mobil anda. Busi sendiri sebagai penghantar listrik pada mesin memegang peranan penting untuk menghidupkan mesin mobil.

Periksa kondisi busi mobil Anda jika kotor bersihkan dengan lap bersih dan bersihkan dengan cara menggosok bagian ujung kepala busi. Jika sudah rusak atau usang maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Dinamo dan alternator

Jika bagian ini rusak aliran listrik pasti tidak akan dapat tersalurkan sekalipun aki mobil Anda dalam keadaan baik. Permasalahan pada kedua bagian ini cukup pelik sehingga lebih baik membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tanda-tanda dinamo atau alternator akan mengalami kerusakan adalah mobil mulai sulit dinyalakan sebelum mogok dan arus listrik mulai tak stabil. Masalah ini biasanya timbul pada mobil dengan usia masa pakai lebih dari 8 tahun.

Pompa bahan bakar

Pompa bensin berperan mengatur jalannya aliran bahan bakar. Penyebab masalah pada pompa bensin biasanya akibat terjadinya penumpukan kotoran dan noda. Bagian ini harus rutin anda bersihkan saat Anda melakukan servis mobil.

Kondisi aki

Masalah aki merupakan masalah klasik mobil sulit anda starter. Aki merupakan komponen penting agar mobil dapat hidup. Penyebab utama aki soak adalah air aki mengering dan tegangan listrik aki kurang.

Anda hanya punya dua pilihan, menggantinya dengan baru atau mengisi kembali air aki mobil Anda. Jika telah mengganti aki baru namun mobil tetap tidak bisa menyala. Periksa aki yang Anda beli, bisa jadi barang tersebut adalah aki rekondisi.

Jika mengganti aki baru dengan tipe aki basah, aki harus anda beri tegangan listrik terlebih dahulu.

Koil

Masalah koil biasanya terjadi akibat hilangnya tegangan arus listrik yang besar ke aki dan busi. Akibat hilangnya tegangan arus besar tersebut arus listrik gagal memantik pijaran bunga api pada busi. Memperbaiki masalah ini Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel guna mendapat penanganan yang tepat.

Add a Comment