Video Animasi Singkat Google Doodle Untuk Rayakan International Women’s Day

International Women's Day

PrimaBeritaInternational Women’s Day atau hari perempuan internasional jatuh pada hari ini, senin, 8 maret 2021. Untuk itu google doodle juga turut berpartisipasi untuk merayakan hari peringatan perempuan internasional.

Adapun google doodle kali ini menampilkan video animasi singkat yang inspiratif dimana fokus memperlihatkan sejumlah tangan perempuan. Menurut sumber, gambar tangan tersebut melambangkan perempuan perintis yang berhasil membukakan pintu dan kesempatan bagi perempuan lainnya. Terutama bagi kaum wanita yang berkecimpung dalam bidang yang terdominasi oleh pria.

International Women's Day

Misalnya seperti atlet perempuan yang berprestasi, perempuan pertama yang menggunakan hak pilih, asronot perempuan pertama, maupun akademisi perempuan yang memenangkan penghargaan nobel.

“Video doodle memberikan penghormatan kepada para pahlawan ini dengan menggambarkan tangan yang telah membuka pintu bagi wanita selama beberapa generasi,” kata google dalam laman blognya.

“Saat beberapa perempuan pertama mencapai sesuatu yang baru secara spektakuler, yang lain menerima pengakuan atau hak yang sudah lama tertunda,” lanjut google.

Lebih lanjut, video animasi singkat untuk merayakan International Women’s Day ini adalah sebuah karya dari Helene Leroux. Ia mengaku begitu tertantang untuk memberikan thema “women firsts” dalam ilustrasinya.

“Saya ingin mencari cara untuk mewakili beragam pencapaian wanita secara global, sambil mencari tahu siapa ‘orang pertama’ yang spesifik. Jadi itu cukup menantang! ungkap Helene.

Helene Leroux juga menyadari bahwa ilustrasi tangan yang menjadi sorotan menjadi cara yang baik untuk sebuah penghormatan.

“Saya akhirnya menyadari bahwa close-up tangan yang menyorot perempuan di berbagai bidang mereka sepanjang waktu akan menjadi cara yang bagus untuk memberikan penghormatan,” sambungnya.

Melansir dari wikipedia, hari perempuan internasional secara resmi jatuh setiap tanggal 8 maret. Bahkan hari perempuan internasional menjadi hari libur nasional bagi masyarakat Soviet Rusia pada tahun 1917. Kemudian peringatan ini telah secara luas menjadi perayaan bagi negara sosialis maupun komunis. Pada tahun 1977, International Women’s Day juga secara resmi menjadi perayaan tahunan PBB. Untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Add a Comment