Paling Sering Terjadi, Penyebab Koneksi Internet HP Anda Lemot

penyebab koneksi internet lemot

PrimaBerita – Koneksi internet merupakan hal yang paling penting saat ini. Apalagi masa pandemi seperti ini, sebagian aktivitas penting berlangsung dengan cara online atau daring seperti belajar dan bekerja. Nah, ketika sedang belajar atau bekerja namun koneksi internet HP anda lemot dan tahukah anda penyebab hal tersebt?.

Tentu saja melambatnya koneksi internetmu selalu ada penyebabnya. Beberapa hal ini bisa jadi penyebabnya.

Berikut penyebab koneksi internet HP anda lemot yang paling sering terjadi  :

Cuaca yang buruk

Cuaca yang buruk merupakan hal yang paling sering membuat koneksi lemot. Saat hujan deras, koneksi internet mendadak berubah jadi tak lancar ataupun melambat. Sinyal-sinyal internet yang ada pada udara terhalang oleh titik-titik hujan.

Kartu SIM bermasalah

Bisa jadi pula kartu SIM memiliki frekuensi yang berbeda sehingga tiba-tiba koneksi internet anda mati sama sekali. Untuk ini, anda hanya bisa membawa kartu SIM-mu langsung ke provider.

Jaringan yang terlalu sibuk

Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet pada saat bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga mau tak mau menjadi lambat.

Konsepnya sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak atau ada yang melakukan unduh dengan memakan banyak bandwidth. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga penggunanya berkurang.

Aplikasi yang mengganggu

Beberapa aplikasi yang aktif terus dapat menjadi alasan koneksi internet anda lambat. Spotify, Instagram dan aplikasi-aplikasi messenger yang menyala bersamaan membuat kecepatan internet anda melambat. Ada bainya matikan koneksi seluler aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak terlalu berguna.

Kuota yang habis

Paketan umumnya memiliki bonusan yang membuat anda bisa menikmati jaringan internet lebih banyak dan lebih lama. Namun, biasanya bonusan tersebut mendapatkan batasan kecepatan. Batasan itu umumnya berlaku untuk bonusan yang bisa anda gunakan ketika jam kerja atau prime time.

Layanan provider yang belum sampai ke area tersebut

Jika anda menggunakan ponsel anda saat masuk pedalaman, biasanya koneksi internet anda akan melambat. Itu karena koneksinya terhalang oleh pepohonan, tapi ada satu lagi yang jadi masalah, yaitu area providernya belum sampai ke sana. Terlalu jauhnya dari menara sinyal dapat membuat internet anda lambat bukan main.

Sedang ada perbaikan atau maintenance

Perbaikan ataupun maintenance jelas akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa anda lakukan selain menunggu sampai benar. Jika sudah seperti ini, cobalah bergantung pada WiFi.

Jaringanmu kebobolan

Bisa jadi pula portable hotspot anda lupa anda matikan dan ada orang yang tersambung dengan hotspot tersebut. Tentu saja kuota yang termakan itu akan melambatkan koneksi jaringan anda sekaligus menghabiskan kuota tersebut.

Sistem operasi yang bermasalah

Koneksi internet lambat tidak selalu menjadi masalah provider. Ada kalanya itu datang dari smartphone anda sendiri, yaitu dari sistem operasi. Cara untuk mengatasi ini hanyalah dengan melakukan menyalakan ulang ponsel anda tersebut dan berharap masalah itu selesai.

Berada pada parkiran

Kemungkinan tempat parkir anda terlalu tinggi; yang kedua parkiran anda memiliki dinding yang tebal dan tertutup hingga sinyal pun tidak dapat dijangkau. Sebenarnya bukan hanya pada parkiran saja, tapi ini biasa terjadi ketika memasuki terowongan yang panjang.

Add a Comment