Jenis Kekerasan pada Perempuan Saat Pacaran, Waspadai !!

jenis kekerasan saat pacaran

PrimaBerita – Saat anda memilih untuk berpacaran, tentu tujuan anda ingin merasa bahagia. Namun yang namanya sebuah hubungan tidak ada yang berjalan mulus, akan ada masalah yang menimbulkan kekerasan, mulai dari mengancam hingga memukul. Untuk itu, penting untuk anda ketahui jenis kekerasan pada perempuan saat pacaran.

Mungkin tidak hanya melalui ucapan, pasangan bisa melakukan tindakan kasar saat anda tidak melakukan sesuai keinginannya. Tidak hanya itu, biasanya pasangan akan memaksa anda untuk melakukan hubungan seksual yang tidak anda inginkan.

Hubungan pacaran seperti ini tentu saja tidak akan membuat anda merasa bahagia, melainkan menimbulkan rasa takut dan tertekan.

Pada umumnya jenis kekerasan yang sering terjadi dalam hubungan pacaran terbagi menjadi kekerasan psikis/verbal, fisik, serta seksual. Semua jenis kekerasan ini memiliki satu hal yang sama, yaitu memperlihatkan adanya kekuatan pada pihak atau pasangan yang menjadi pelaku kekerasan.

Berikut Jenis Kekerasan pada Perempuan Saat Pacaran :

Kekerasan Verbal

Merujuk pada harga diri seseorang yang direndahkan. Yang kemudian menimbulkan ketakutan, perasaan tertekan dan tidak berdaya. Perilaku yang muncul cenderung menunjukkan kecemburuan, posesif, dan pengendalian seperti memanggil nama pasangan dengan sebutan negatif (bodoh, jelek), cemburu berlebihan, penghinaan, ancaman, bahkan melarang berhubungan dengan teman, menggunakan ponsel untuk mengecek pasangan sesering mungkin. Bentuk kekerasan ini sering terjadi namun jarang orang sadari sebagai kekerasan.

Kekerasan Fisik

Kekerasan ini bertujuan untuk menyakiti pasangan dan mengakibatkan luka yang mudah terlihat. Biasanya kekerasan ini sudah terlebih dulu diawali dengan sejarah kekerasan psikis. Perilakunya seperti mendorong, memukul, menjambak, menganiaya tubuh, mencekik, atau memaksa pasangan pergi ke tempat yang membahayakan.

Kekerasan Seksual

Kekerasan ini terlihat dari rabaan atau sentuhan pada tubuh yang tidak anda kehendaki, ciuman yang tidak anda kehendaki, pelecehan seksual, pemaksaan fisik untuk melakukan hubungan seksual, atau mengancam akan meninggalkan pasangan dan memanipulasi dengan paksa untuk melakukan hubungan seksual.

Secara umum memang laki-laki lebih sering melakukan kekerasan ini. Jenis kekerasan yang satu ini perlu mendapatkan perhatian, terutama oleh remaja yang baru mengenal pacaran.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya rangkaian kekerasan dalam hubungan pacaran maka perempuan yang sering menjadi korban harus berani melawan, mengatakan tidak saat pasangan melakukan tindakan yang diinginkan, menghubungi keluarga atau teman terdekat untuk meminta pertolongan dan yang terpenting kenalilah seseorang yang akan menjadi pasangan anda sebelum menerimanya.

Add a Comment