Jangan Panaskan Makanan Ini dengan Microwave !!

Panaskan Makanan dengan Microwave

PrimaBerita – Microwave memiliki fungsi untuk memudahkan proses memanaskan makanan. Namun tidak semua makanan bisa anda panaskan. Beberapa jenis makanan ini jangan anda panaskan dengan microwave ya.

Penggunaan microwave memang banyak manfaatnya, alat dapur canggih yang bisa menghemat waktu. Memanaskan makanan lebih cepat daripada kompor ataupun oven.

Proses memanaskan makanan dengan microwave juga cukup praktis dan sederhana. Cukup pilih mode, atur waktu, dan tunggu hingga pengingat waktu berbunyi dan microwave berhenti.

Meski terdengar menjanjikan, nyatanya tidak semua makanan bisa anda hangatkan dengan microwave.

Jadi Jangan Panaskan Makanan Ini dengan Microwave , Melansir dari berbagai sumber :

Daging

Daging yang sudah terolah mengandung beberapa bahan yang berbahaya jika anda panaskan dengan microwave. Bahan ini juga riskan terhadap radiasi elektromagnetik.

Memanaskan daging dengan microwave juga akan berdampak pada oksidasi kandungan kolesteroldalamnya. Cara memanaskan daging seperti ini efeknya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Ikan

Nantinya ikan yang anda panaskan akan mengeluarkan bau amis yang tidak menyenangkan. Selain membuat dapur menjadi bau, ikan yang sudah anda panaskan tidak akan bisa anda konsumsi lagi.

Misalnya memanaskan salmon dengan microwave. Hal ini akan mengubah daging ikan salmon menjadi kering dan keras.

Unggas

Untuk ayam goreng yang garing, memanaskannya dengan microwave justru akan membuatnya kehilangan tekstur. Kandungan minyak yang ada pada ayam goreng akan keluar.

Memanaskan ayam goreng dengan microwave akan membuatnya menjadi sangat berminyak. Ayam juga akan kehilangan kerenyahannya dan menjadi seperti kubangan minyak.

Sayuran

Beberapa sayuran hijau dapat berkurang nutrisinya ketika anda panaskan kembali. Radiasi elektromagnetik pada microwave juga bisa berbahaya pada kandungan nitrosamin bayam dan buah bit yang dapat menyebabkan karsinogenik.

Sayuran dedaunan juga akan sangat berbahaya bagi microwave. Daun pada sayur dapat memantik api dari panas microwave yang merambat melalui daun.

Buah

Beberapa buah memiliki kandungan yang tidak cocok jika anda masukkan ke dalam microwave. Microwave juga dapat mengubah anggur segar menjadi tidak layak makan.

Suhu panas dalam microwave dapat menghilangkan kandungan air pada buah. Hal ini tentunya akan merusak buah.

Nasi

Kemungkinan besar nasi yang sudah anda biarkan pada suhu ruangan sudah mengandung bakteri dan patogen. Panas pada microwave tidak cukup untuk membunuh bakteri dan patogen pada nasi, sebaiknya segera anda buang saja. Bakteri dan patogen yang sudah menempel dapat menyebabka keracunan makanan.

Sup krim

Sup dengan tekstur cair akan aman jika anda panaskan dengan microwave. Tetapi hal ini berbanding terbalik dengan sup krim yang bertekstur kental.

Panas pada sup akan sulit untuk menyebar sehingga menyebabkan penumpukan panas pada satu tempat saja. Hal ini dapat berujung bahkan hingga menyebabkan sup meledak.

Add a Comment