Hampir Sama, Ini Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak

PrimaBerita – Nasi lemak dan nasi uduk terlihat sangat mirip, namun kedua makanan ini memiliki perbedaan yang mungkin belum anda ketahui. Bahkan, nasi uduk dan nasi lemak memiliki banyak perbedaan.

Yang paling populer di Jakarta adalah nasi uduk, sedangkan nasi lemak lebih populer di Sumatera dan Melayu. Sama-sama tergolong nasi gurih yang punya aroma sedap. Cara memasak keduanya juga menggunakan campuran santan, tetapi sebenarnya terlihat kalau nasi uduk dan nasi lemak sangat berbeda.

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari asal usul, rempah dan bumbu campuran, rasa serta lauk pelengkapnya. Meskipun demikian, tapi dua hidangan ini sama-sama punya ciri khas dan rasa yang enak.

Nasi uduk khas Betawi biasa akan tersajikan dengan lauk semur tahu dan jengkol, bihun goreng dan tempe orek. Sementara nasi lemak umumnya dengan lauk ikan teri goreng, telur rebus atau goreng, irisan mentimun dan sambal.

Berikut beberapa perbedaan nasi uduk dan nasi lemak :

Asal usul

Nasi uduk maupun nasi lemak sama-sama hidangan hasil akulturasi beberapa suku. Artinya, makanan ini bukan murni berasal dari satu daerah saja.

Nasi lemak merupakan makanan hasil akulturasi dari Bangsa Melayu dan Sumatera. Karena letak geografis yang berdekatan jadi tak heran kalau nasi lemak bisa dengan mudah anda temui pada kota Medan, Malaysia, Singapura bahkan Brunei.

Sementara, untuk nasi uduk merupakan hasil akulturasi dari Bangsa Melayu dan Jawa. Nasi uduk juga bisa anda temui dalam berbagai versi tapi yang paling populer yakni nasi uduk Betawi. Meskipun demikian, ada juga berbagai versi nasi uduk mulai nasi uduk Sunda hingga nasi uduk Pontianak.

Bumbu campuran

Cara memasak nasi uduk bersama santan dengan cengkeh, lengkuas, serai, daun salam, kayu manis dan daun jeruk.

Lain halnya dengan nasi lemak yang hanya dengan bumbu daun pandan dan kayu manis. Inilah sebabnya kenapa nasi lemak punya rasa dan aroma lebih ringan jika anda bandingkan dengan nasi uduk.

Lauk pelengkap

Lauk pelengkap nasi Betawi ada tempe orek, telur dadar iris, semur tahu dan jengkol serta bihun goreng. Namun ada juga lauk pelengkap lain seperti telur balado dan aneka gorengan.

Nasi lemak terbilang lebih mewah dan lengkap. Lauk pendampingnya ada telur rebus atau goreng, ikan teri dan kacang tanah goreng, irisan mentimun dan ayam goreng serta sambal goreng. Kadang dengan olahan daging sapi, aneka seafood seperti udang atau cumi.

Sambal

Meskipun sebagai pelengkap, sambal termasuk bahan yang terbilang penting pada sajian keduanya. Untuk nasi uduk, umumnya disajikan dengan sambal kacang.

Nasi lemak yang cenderung dengan sambal goreng yang cara memasaknya hingga berminyak. Karakter rasa sambal nasi lemak ini pedas dengan sedikit aksen manis.

Jadi menu sarapan

Meski memiliki perbedaan, keduanya sama-sama sering menjadi menu sarapan. Keduanya populer jadi menu makan pagi meskipun kini tak jarang juga hadir sebagai menu makan malam.

Add a Comment