Tips Memilih Sarang Burung Walet Berkualitas Baik

sarang burung walet berkualitas

PrimaBerita – Sejak dahulu sarang burung walet kerap diolah menjadi hidangan pilihan karena diyakini berkualitas untuk kesehatan manusia. Adapaun bentuk olahan sarang walet yang paling populer yaitu minuman sarang burung walet. Minuman ini banyak dijual di berbagai pasar modern dengan ragam merk dan rasa.

Menurut acupuncturetoday, masyarakat Tiongkok sudah sejak lama mengolah sarang burung walet sebagai hidangan lezat. Namun selain sebagai sajian lezat ternyata sarang burung ini juga terkenal sebagai pengobatan tradisional sejak 400 tahun silam. Ini karena sarang burung walet mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat sarang burung walet.

Manfaat Sarang Burung Walet

  • Mempercepat proses pemulihan luka
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga dan meningkatkan daya kesehatan lansia
  • Sebagai suplemen yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak

Karena manfaatnya yang sangat bagus maka tak heran bila sarang burung walet memiliki harga jual yang tinggi. Untuk 1 kilogram sarang burung walet saja harga jualnya bisa mencapai Rp 1o juta lebih. Tentu tingginya harga jual ini tak terlepas dari manfaat, proses pengambilan yang berbahaya hingga proses pembersihan yang menguras tenaga. Oleh sebab itu jika anda ingin membeli sarang burung walet alangkah baiknya simak saja beberapa tips berikut.

Tips Memilih Sarang Burung Walet Berkualitas

1. Beraroma Telur Mentah

Normalnya sarang burung walet asli memiliki aroma telur mentah. Oleh sebab itu anda bisa mencium aromanya terlebih dahulu sebelum membeli sarang.

2. Tidak Ada Bulu Burung Walet

Idealnya sarang burung walet berkualitas tidak meninggalkan helaian bulu burung walet. Karena sebelum terjual, sarang burung walet sudah melalui proses pembersihan yang amat intens.

3. Perhatikan Warna Sarang

Sarang burung walet memang memiliki macam warna sarang mulai dari putih ke kuning-kuningan hingga berwarna cokelat muda. Namun perlu anda ketahui bahwa warna putih ini bukanlah putih bersih karena lebih condong mengarah ke warna putih gading. Pastikan bahwa warna sarang burung walet masih alami.

4. Kondisi Sarang Burung

Terdapat 2 kondisi sarang burung walet. Jika sarang burung walet kering maka lebih mudah patah. Tapi jika sarang burung walet masih basah maka biasanya lebih mudah untuk anda bengkokkan serta tidak mudah pecah.

5. Lihat Kemurniannya

Air minum yang anda gunakan untuk membersihkan dan merendam sarang burung walet seharusnya menghasilkan warna yang tetap bening transparan. Namun bila sarang berubah menjadi putih terlebih mengilap maka ada kemungkinan kalau sarang tersebut pernah melalui proses pemutihan saat proses pembersihan.

6. Pengembangan

Sarang burung akan mengembang sebanyak 3 kali dari ukuran awal yang masih kering saat merendamnya ke dalam air.

Add a Comment