Penderita Kolesterol Tinggi Segera Hindari 4 Jenis Makanan Ini

kolesterol tinggi hindari makanan

PrimaBerita – Ada beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari bagi penderita kolesterol tinggi. Karena bila asupan makanan terkontrol dengan baik maka dapat membuat tubuh tetap sehat.

Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak tubuh yang jika kadarnya terlampau banyak maka dapat menumpuk dalam pembuluh darah. Sehingga kondisi inipun dapat menggangu aktivitas aliran darah untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

Melansir dari berbagai sumber, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung. Sehingga lebih baik jangan pernah bermain-main dengan masalah kolesterol tinggi jika ingin tetap sehat. Oleh karena itulah salah satu cara sederhana yang boleh anda lakukan yaitu mengindari beberapa jenis makanan, seperti:

1. Makanan Tinggi Garam

Terlalu banyak mengonsumsi natrium rupanya dapat meningkatkan tekanan darah, terlebih kepada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Untuk itulah penderita kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan berupa sup kalengan dan makanan cepat saji demi meminimalisir dampak kesehatan.

2. Makanan Tinggi Lemak Trans

Mengutip dari WebMD lemak trans umumnya terdapat dalam makanan ringan kemasan. Misalnya kue kering, biskui, dan keripik. Bahkan terdapat pula pada beberapa jenis margarine. Oleh karena itu sebelum mengonsumsi sesuatu ada baiknya membaca label nutrisi dahulu untuk memperoleh informasi yang tepat. Contoh makanan lainnya yang mengandung lemak trans tinggi yakni ayam crispy, kentang goreng, maupun jenis burger.

3. Makanan Tinggi Gula

Banyak sumber menyebut bahwa terlampau banyak mengonsumsi gula dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan tersebut mulai dari kolesterol hingga penyakit jantung. Maka jika anda yang terlalu sering mengonsumsi gula sebaiknya batasi asupan gula anda, terlebih bagi orang menderita kolesterol. Hindari makanan dan minuman seperti permen, es krim, maupun minuman kemasan.

4. Jeroan

Jeroan yaitu organ atau bagian dalam tubuh hewan. Sampai saat ini ada begitu banyak aneka olahan jeroan lezat. Sehingga jeroan termasuk salah satu panganan favorit sebagaian orang. Meski bergizi akan tetapi daging jeroan ternyata mengandung kadar kolesterol tinggi.

Add a Comment