Nutrisi Buah Bengkuang dan Manfaatnya

nutrisi buah bengkuang

PrimaBerita – Terkenal bagus untuk menjaga kesehatan kulit, buah bengkuang yang kaya akan nutrisi banyak ditemukan di Indonesia. Ciri-ciri buah bengkuang yaitu memiliki daging buah berwarna putih, bertekstur keras, serta mengandung banyak air. Rasanya juga cukup unik dan menyegarkan.

Sebagian orang mengonsumsi buah bengkuang dengan cara menjadikannya sebagai olahan rujak. Namun sebagian lainnya menjadikan buah bengkuang sebagai olahan jus hingga campuran salad dan sop buah. Meski demikian buah bengkuang memang penting untuk memberikan nutrisi bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Bengkuang

Dalam 100 gram buah bengkuang terdapat bermacam-macam kandungan nutrisi seperti:

– Protein (0,7 gr)

– Vitamin C (20 mg)

– Kalium (200 mg)

– Kalsium (12 gr)

– Magnesium (12 gr)

– Fosfor (18 mg)

– Zink (0,16 mg)

– Karbohidrat (8,8 gr)

– Serat (4,9 – 5 gr)

Selain beberapa nutrisi tersebut sebenarnya masih ada nutrisi lainnya yang boleh kita dapatkan dari buah bengkuang. Meski dalam jumlah sedikit akan tetapi bengkuang juga mengandung vitamin A, B6, serta zat besi. Kemudian bengkuang sebenarnya juga mengandung sekitar 40 kalori.

Manfaat Buah Bengkuang

Oleh karena kandungan nutrisinya yang sangat banyak, bengkuang dapat menjadi solusi yang baik dalam menunjang kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Pencernaan

Jika mengonsumsi 100 gram bengkuang maka kandungan seratnya sudah bisa memenuhi 10 – 15 persen kebutuhan serat harian orang dewasa. Kandungan serat ini juga dapat membuat tinja lebih lunak dan mudah bergerak melalui saluran pencernaan.

2. Mencegah Dehidrasi

Buah bengkuang terdiri dari sekitar 85% air. Dengan demikian buah ini efektif dalam mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga anda tercegah dari dehidrasi.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Bengkuang juga mengandung antioksidan seperti vitamin C. Kandungan ini mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh manusia baik maka tidak membuat mudah sakit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung perlu dijaga dengan baik. Untuk membantu anda maka upayakanlah mengonsumsi buah bengkuang secara tepat dan rutin. Ketika asupan serat sudah tercukupi maka dapat menghambat penyerapan serta mengurangi jumlah kolesterol. Ini juga menjadi informasi yang berguna bagi orang yang sedang mengatasi kolesterol tinggi.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah berdaging padat dan berkulit tipis ini mampu membantu otak dan saraf bekerja lebih baik. Selain itu karbohidrat kompleks beserta serat dari buah bengkuang juga bagus untuk melancarkan aliran darah pada otak.

Add a Comment