Hidangan Cap Go Meh yang Paling Enak dan Populer

hidangan cap go meh

PrimaBerita – Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa. Ada beberapa hidangan Cap Go Meh yang paling enak dan populer.

Perayaan Cap Go Meh juga dikenal sebagai Lantern Festival. Biasanya akan merayakannya secara besar-besaran dengan adanya pawai.

Berikut hidangan populer untuk perayaan Cap Go Meh :

Chiang Mie

Chiang mie atau mie panjang umur merupakan olahan mie goreng dengan bumbu bawang putih, merica, garam, kecap ikan, dan saus tiram.Β  Mie ini tidak ada tambahan kecap manis.

Agar makin nikmat, biasanya mie panjang umur ini bahan penambahnya telur agar proses memasaknya tidak lengket pada wajan. Lalu ada pelengkap sayuran berwarna hijau dan oranye, seperti buncis dan wortel.

Masakan Ca

Merupakan erpaduan dari fish maw atau perut ikan, bakso ikan belida atau ikan lain plus teripang.

Selain itu, tumisan bisa terbuat dari paduan rebung, haisom, dan sam chan (daging perut babi). “Jika tidak ada yang bisa makan perut babi bisa anda ganti dengan ayam kampung.

Hekeng

Makanan ini biasanya wajib ada pada setiap pesta ulang tahun, resepsi, Imlek, dan Cap Go Meh. Dengan saus yang kental dan rasanya ada asam manisnya.

Hekeng merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging udang dan babi yang telah halus, kemudian kulit tahu sebagai pembungkusnya. Makanan ini harus anda kukus terlebih dahulu agar padat kemudian goreng.

Ikan

Jenis ikannnya bisa memakai ikan dorang atau bawal, ikan jelawat, dan ikan malas. Proses memasaknya bisa anda goreng dengan bumbu kunyit. Bisa juga anda kukus dengan jahe.

Tek Sun

Tek sun atau rebung juga biasa tersaji saat Cap Go Meh. Rebung bisa anda dapatkan dari yang kalengan ataupun segar. Namun, kalau memasak rebung segar harus anda rebus terlebih dulu beberapa kali untuk menghilangkan aroma dan rasa pahit.

Rebung ini nantinya anda tumis bersama dengan daging. Seperti daging teripang, daging babi, atau bakso ikan.

Udang Galah Asam Garam

Udang galah memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis udang biasa. Biasa disajikan saat Cap Go Meh di Kalimantan Barat.

Biasanya udang dimasak dengan bumbu asam garam. Rasanya asam gurih dan warnanya kuning karena menggunakan campuran kunyit. Ada juga asam garam yang pedas dengan tambahan cabai.

Babi

Daging babi juga umum disajikan, namun banyak yang tidak menggemarinya di Pontianak. Menurut Chef Meliana, banyak keluarga yang menggantinya dengan ayam atau bebek. “Masakan babi ini tidak selalu jadi favorit sebenernya, karena setiap keluarga biasanya menggantinya dengan bebek atau ayam,” jelasnya.

Untuk olahan babi ini biasa dimasak sebagai phak lo, te ka, cai kwa, dan sate babi. Tapi, tidak semuanya menggunakan daging babi, ada juga yang terbuat dari kaki babi.

Add a Comment