Manfaat Makan Kerang bagi Kesehatan Tubuh

PrimaBerita – Makan kerang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kerang merupakan jenis seafood yang paling banyak orang incar. Pasalnya kerang memiliki tekstur kenyal ketika anda olah menjadi masakan tertentu, maka tak heran kalau membuat banyak orang tergiur.

Selain rasanya enak, ternyata kerang juga mengandung banyak protein. Secara umum, kerang mengandung cukup banyak protein yang dapat dicerna, asam amino esensial, peptida bioaktif, asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang, astaxanthin dan karotenoid lainnya.

Vitamin B12 dan vitamin, mineral lainnya, termasuk tembaga, seng, fosfat anorganik, natrium, kalium, selenium, yodium, dan juga nutrisi lainnya, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut Manfaat Makan Kerang bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan jantung

Kerang mengandung asam lemak omega-3 yang mirip dengan ikan. Satu porsi kerang 3 ons memasok sekitar 140 miligram asam lemak omega-3, sedangkan asupan harian yang baik berkisar antara 250 hingga 500 miligram.

Jika rutin mengonsumsi kerang, maka akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 juga berperan penting untuk membantu mendukung kelenturan pembuluh darah.

 Menurunkan risiko peradangan

Kerang juga menawarkan asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan bentuk dari omega-3. Kandungan ini bisa membantu menurunkan tingkat peradangan, termasuk pada pasien jantung, diabetes dan obesitas.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kerang mengandung, zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karenanya mengonsumsi kerang, baik itu kerang hijau maupun yang lainnya akan sangat baik untuk tubuh.

Meningkatkan kesuburan pria

Ada dua mineral yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria, yakni seng serta selenium, yang keduanya ada dalam kerang. Selain membantu meningkatkan sintesis testosteron, mineral-mineral ini membantu pergerakan sperma, menghitung jumlah sperma. Dan mengurangi kemungkinan sperma cacat diproduksi.

Mencegah anemia

Anemia membuat seseorang akan mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat dalam darahnya. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi kerang.

Kerang memiliki beberapa mikronutrien yang dapat mencegah terjadinya anemia, yakni vitamin B12 dan zat besi.

Mengurangi gejala rematik

Jika anda mengalami rematik dan merasakan sakit, maka konsumsi kerang hijau akan sangat membantu. Rasa sakit pada orang yang menderita rematik, disebut juga dengan rheumatoid arthritis, hal ini dikarenakan adanya pembengkakan pada sendi. Konsumsi kerang hijau secara teratur, maka rasa sakit akan hilang perlahan.

Mendukung sintesis kolagen

Kolagen merupakan protein alami yang terdapat pada tubuh manusia yang bermanfaat untuk menjaga integritas struktural kulit, persendian, selaput lendir serta jenis sel lainnya yang tak ada habisnya.

Bagi mereka yang terus ingin meningkatkan kolagen, biasanya akan mengonsumsi suplemen kolega. Selain dari itu anda juga bisa mendapatkannya dari kerang. Hal ini karena kerang juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sintesis kolagen.

Add a Comment