Alpukat Telur Panggang, Resep Sarapan Sederhana yang Bergizi

alpukat telur panggang

PrimaBerita – Buah alpukat jika dipadu dengan telur lalu dimasak dengan proses panggang, bagaimana rasanya? Alpukat merupakan buah yang terkenal mengandung lemak tinggi sementara telur menjadi salah satu sumber protein. Jika alpukat dan telur bersatu maka tentu dapat menutrisi tubuh dengan baik.

Sekarang ini menu sarapan setiap orang sangat beragam. Bagi orang tidak ingin ribet dalam membuat sarapan tentu akan mencari bahan makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat. Bahkan belakangan sudah banyak orang yang mengganti menu sarapannya dari hidangan nasi menjadi roti, oats, dan lain sebagainya. Namun pernahkah anda mendengar hidangan alpukat telur panggang sebagai menu sarapan yang praktis? Bagi anda yang penasaran akan resepnya cobalah simak informasi berikut ini.

Cara Membuat Alpukat Telur Panggang

  • Siapkan Semua Bahan

Bahan-bahan membuat sajian alpukat telur panggang meliputi:

a. Buah alpukat (2 buah)

b. Telur ayam (2 butir)

c. Jeruk nipis (1 butir)

d. Seledri (2 batang)

e. Bawang goreng, merica bubuk, dan garam (seperlunya)

  • Panaskan Oven

Panaskan oven atau pemanggangan bersuhu 450 derajat F. Sembari menunggu oven, belahlah semua buah alpukat menjadi 2 bagian. Buang biji alpukat. Tapi pastikan pula bahwa buah alpukat yang anda gunakan adalah alpukat yang bersuhu ruangan (tidak menyimpan alpukat ke dalam kulkas).

  • Kikis Bagian Isi Alpukat

Setelah masing-masing buah alpukat terbelah menjadi dua bagian, maka kikis bagian tengah dari setiap alpukat. Gunakan sendok untuk mempermudah proses ini sehingga cukup untuk menampung telur.

  • Masukkan Telur ke Rongga Alpukat

Sesudah itu peraslah air jeruk nipis ke permukaan alpukat dan letakkan ke atas loyang. Pecahkan telur dengan hati-hati secara langsung ke rongga alpukat. Tapi anda juga bisa memecahkan telur tersebut ke dalam sebuah wadah terlebih dahulu lalu memindahkan kuning telur dan putih telur seperlunya.

  • Panggang

Jika langkah-langkah tersebut sudah anda lakukan semuanya maka langkah selanjutnya yaitu memanggang alpukat dan telur. Panggang alpukat telur sekitar 12 menit. Kemudian keluarkan dari oven serta taburi dengan merica bubuk dan garam secukupnya. Hiasilah dengan cincangan seledri dan bawang goreng agar semakin memperkaya rasa. Alpukat telur ini siap untuk dinikmati sebagai menu sarapan di pagi hari.

 

Add a Comment