Resep Masakan Tumis Jamur Kuping Pedas

jamur kuping tumis

PrimaBerita – Tumis jamur kuping pedas adalah olahan makanan yang memiliki rasa pedas yang bersatu dengan kenyalnya jamur kuping. Jamur kuping (auricularia auricula) biasanya disebut dengan nama lember oleh masyarakat sunda. Dan seperti namanya, jamur ini memang memiliki bentuk seperti daun telinga manusia.

Karakteristik dari jamur kuping segar yaitu bertekstur kenyal. Namun jika saat dalam keadaan kering, tubuh buah dari jamur kuping bisa menjadi keras. Begitupun warna tubuh buah jamur ini pada umumnya akan berwarna hitam atau cokelat kehitaman.

Jamur kuping juga banyak diperjualbelikan dan diolah menjadi aneka santapan lezat. Nah, bagi anda yang penasaran akan resep masakan jamur kuping tumis, berikut hal-hal yang bisa anda perhatikan.

Resep Tumis Jamur Kuping Pedas

Bahan-bahan

  • Bahan Utama

– 300 gram jamur kuping

– Minyak goreng secukupnya

– 100 ml air bersih

  • Bumbu Halus

– 1 cm kencur

– 15 buah cabai rawit hijau

– 2 butir kemiri sangrai

  • Bumbu Lainnya

– 1/2 buah bawang bombay

– 3 siung bawang putih

– 1 buah tomat merah

– 2 buah cabai merah besar

– 1 batang bawang daun polong

– 1/2 sdt penyedap rasa

– Garam, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya

Langkah-langkah Memasak Tumis Jamur

  1. Cuci jamur kuping dan bahan-bahan lainnya yang anda rasa perlu sampai benar-benar bersih. Kemudian iris tipis tomat merah, iris bawang putih, dan potong bawang bombay dengan irisan memanjang.
  2. Buang biji cabai merah besar sebelum anda iris. Lalu iris halus daun polong dan haluskan semua bumbu halus.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya pada wajan menggunakan api sedang. Sesudah itu tumis bawang putih dan bawang bombay.
  4. Jika sudah menghasilkan aroma tumisan yang wangi maka masukkan air dengan takaran yang sudah anda sediakan. Aduk-aduk secara merata.
  5. Setelah itu masukkan irisan tomat dan cabai merah ke dalamnya.
  6. Masukkan jamur kuping, aduk lagi secara merata.
  7. Selanjutnya tambahkan bumbu seperti garam, gula pasir, merica bubuk, maupun penyedap rasa secukupnya. Aduklah sampai bumbu-bumbu anda semuanya melarut ke dalam masakan.
  8. Taburi dengan irisan daun polong. Jika jamur sudah benar-benar matang dan bumbu juga sudah meresap maka anda bisa langsung mematikan kompor.
  9. Sajikan ke dalam piring saji dan nikmati dengan menu makan lainnya.

Add a Comment