Sederet Perubahan Tubuh Setelah Vaksinasi Covid-19

Sederet Perubahan Tubuh Setelah Vaksinasi Covid-19

PrimaBerita – Ternyata tubuh mendapat perubahan setelah vaksinasi covid-19. Akan tetapi hal tersebut tentu karena ada penjelasan ilmiah.

Saat ini proses vaksinasi covid-19 di Indonesia sudah mulai dijalankan. Bahkan beberapa hari yang lalu presiden RI Joko Widodo telah menerima suntik vaksin perdana. Oleh karena itu cepat atau lambat masyarakat Indonesia juga akan mendapat gilirannya masing-masing.

Tapi meskipun demikian, masih banyak pula masyarakat yang ragu untuk menerima vaksin. Sebagian dari mereka juga masih ada yang meragukan vaksin untuk menangkal covid-19. Hal ini bisa jadi karena munculnya kabar tidak benar tentang vaksin dalam dunia maya, khususnya media sosial. Melansir dari IDN Times, berikut penjelasan ilmiah terkait perubahan tubuh setelah menerima vaksinasi covid-19.

1. Tubuh Akan Belajar Melindungi Diri

Menurut lansiran IDN Times, pada vaksin sinovac terdapat partikel virus terkontrol yang telah terbunuh sehingga dapat mengurangi resiko infeksi. Ketika proses penginjeksian, tubuh akan berusaha membaca serta mengenali virus tersebut. Lantas sesudah itu sistem imun tubuh juga akan membentuk suatu perlindungan terhadapnya. Proses inilah yang sebenarnya kita harapkan terjadi setelah vaksinasi.

2. Lengan yang Tersuntik Terasa Nyeri

Berdasarkan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan RI terdapat tiga macam reaksi yang bisa terjadi setelah vaksinasi, yakni reaksi lokal, sistemik, serta reaksi lain yang jarang. Reaksi lokal memiliki tanda nyeri, kemerahan, dan bengkak pada area suntikan vaksin. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa lemas pada bagian otot lengan. Dari data BPOM Amerika Serikat menyatakan bahwa reaksi terjadi pada 78% penerima vaksin Pfizer-BioNTech selama masa uji klinis. Tetapi ini merupakan efek yang wajar.

3. Mungkin Akan Merasa Lemas

Reaksi sistemik dapat terjadi setelah suntik vaksin. Adapun yang menjadi penandanya yaitu demam, nyeri otot pada seluruh tubuh, nyeri sendi, hingga lemas dan sakit kepala. Namun hal ini merupakan reaksi umum dari vaksinasi.

4. Terdapat Efek Samping Lain

Selain itu terdapat pula efek samping lain yang lebih serius. Namun ini jarang terjadi. Sebab umumnya efek samping vaksinasi bersifat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya.

Seperti itulah beberapa kondisi yang bisa terjadi pada tubuh setelah mendapat vaksinasi covid-19. Yang perlu anda ingat adalah meski sudah menerima vaksin sebaiknya masih tetap menjaga protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dengan orang lain.

Add a Comment