Manfaat Ikut Donor Darah Secara Rutin dan Teratur

manfaat donor darah

PrimaBerita – Donor darah adalah sebuah kegiatan yang memiliki manfaat. Tak hanya bagi si penerima, bahkan kegiatan ini juga berguna untuk kesehatan tubuh pendonor. Biasanya darah yang diambil saat donor darah sekitar 480 ml. Bagi pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu atau per 3 bulan sekali. Sedangkan bagi wanita boleh ikut dalam kegiatan donor darah maksimal 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun. Adapun perbedaan tersebut dikarenakan pria biasanya mempunyai lebih banyak persediaan zat besi ketimbang wanita. Pun demikian saat melakukan donor darah akan selalu bermanfaat.

Darah yang berhasil didonor akan diperiksa serta diuji keamanannya, kemudian dikelompokkan berdasarkan golongan darah. Pada umumnya pihak PMI yang selalu sigap untuk kegiatan donor darah. Sebab biasanya seseorang yang sedang membutuhkan darah kerap menghubungi pihak PMI (Palang Merah Indonesia). Beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah antara lain:

– Kecelakaan

– Transplantasi organ

– Anemia dan anemia sel sabit

– Thalasemia

Selain bermanfaat bagi pasien penerima donor darah, sebenarnya masih ada manfaat lain bagi si pendonor.

1. Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat donor darah bisa untuk mencegah penyakit kanker. Hubungannya adalah karena jumlah zat besi telah berkurang saat melakukan donor. Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan zat besi dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas. Sebagai resikonya dapat mengakibatkan kanker serta penuaan.

2. Mendeteksi Penyakit Serius

Bila ada, penyakit tertentu dapat terdeteksi saat melakukan donor darah. Karena setiap kali hendak donor darah, pendonor harus menjalani serangkaian pemeriksaan dasar. Mulai dari pemeriksaan berat badan, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, serta pemeriksaan kadar hemoglobin.

3. Lebih Sehat Secara Psikologis dan Panjang Umur

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi mengungkapkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan untuk menolong orang lain memiliki resiko kematian lebih rendah. Donor darah menjadi sebuah sumbangan yang tak ternilai dan dapat membuat seseorang merasakan kepuasan secara psikologis karena telah berhasil membantu.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut University of California, menyumbangkan darah sebanyak 450 ml ternyata dapat membakar 650 kalori sehingga baik untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Namun meskipun begitu jangan pernah menjadikan kegiatan donor darah sebagai ajang menurunkan berat badan. Pasalnya donor darah secara berlebihan juga tidak baik. Seseorang perlu mengikuti donor darah secara rutin dan teratur.

Add a Comment