Kaya Nutrisi, Ini Lho Manfaat Buah Markisa

manfaat buah markisa

PrimaBerita – Buah markisa kaya akan nutrisi sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya vitamin yang terkandung pada buah markisa mampu mencegah munculnya berbagai penyakit.

Biasanya cara mengonsumsi markisa yaitu dengan mencampurkannya ke dalam minuman-minuman segar seperti sirup, sop buah, hingga salad. Namun sebetulnya yang kita konsumsi dari buah markisa adalah bijinya. Meski demikian buah unik ini memiliki rasa yang manis dan asam.

Ketika memakan 1 buah markisa, di dalamnya terkandung sekitar 80 sampai 100 kalori ditambah dengan nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, zat besi, kalium, serta serat. Selain itu yang menjadikan buah markisa sebagai buah yang menyehatkan adalah terdapatnya beberapa nutrisi dalam jumlah kecil yakni vitamin B6, magnesium, fosfor, folat, dan juga riboflavin. Jadi anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi buah markisa demi menunjang kesehatan yang lebih baik.

Manfaat Buah Markisa

Secara umum buah markisa baik dalam menangkal radikal bebas dan menguatkan daya tahan tubuh. Yuk langsung saja simak khasiat buah markisa.

1. Menyehatkan Pencernaan

Sistem pencernaan tentu harus dapat kita jaga. Karena kalau sistem pencernaan terganggu maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Buah markisa yang mengandung serta tinggi ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan juga mencegah sembelit.

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C markisa dapat berperan sebagai antioksidan. Jadi hal ini baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh telah kuar maka seseorang tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi menular. Misalnya flu dan pilek.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Indeks glikemik yang rendah pada buah markisa bersama nutrisi lainnya ternyata berkhasiat untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil. Beberapa studi telah membuktikan manfaat ini melalui ekstrak buah markisa.

4. Menangkal Radikal Bebas

Meski memiliki rasa yang asam tetapi buah ini banyak mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, piceatannol, dan polifenol. Oleh karena itulah markisa berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas. Jika dalam jangka panjang paparan radikal bebas sudah berlebihan maka mampu meningkatkan resiko terjadinya penuaan pada kulit serta penyakit kanker.

Add a Comment