Tanda Anda Telah Masuk dalam Toxic Relationship

PrimaBerita – Saat sekarang ini, toxic relationship sudah tidak asing lagi anda dengar. Banyak pasangan yang tanpa sadar bahwa hubunganya telah memasuki hal tersebut. Oleh karena itu ketahui tanda anda telah masuk dalam toxic relationship.

Toxic relationship menggambarkan suatu hubungan yang tidak sehat yang dapat memberikan dampak negatif, baik fisik maupun mental bagi seseorang. Tidak hanya terjadi pada hubungan sepasang kekasih saja, toxic relationship juga bisa terjadi pada keluarga atau teman.

Biasanya dampak negatif yang terjadi pada orang yang ada dalam hubungan tersebut adalah gangguan kesehatan mental, seperti depresi, stress, dan kecemasan yang berlebih. Sayangnya, tidak sedikit orang yang menyadari bahwa ia sedang terjebak dalam toxic relationship.

Berikut  Tanda Anda Telah Masuk dalam toxic relationship.

Tidak Ada Rasa Percaya

Rasa percaya merupakan kunci dan pondasi dari suatu hubungan. Jika anda selalu mencurigai pasangan anda tersebut itu adalah salah satu tanda-tanda anda berada dalam toxic relationship. Padahal rasa percaya merupakan hal yang sangat penting dalam suatu hubungan.

Sebenarnya, rasa tidak percaya kepada pasangan merupakan hal yang wajar. Namun, dari rasa tidak percaya tersebut bisa menimbulkan sikap posesif.

Posesif

Posesif merupakan sifat yang ingin memiliki yang begitu tinggi ketika menjalani hubungan dengan seseorang. Sifat posesif berawal dari rasa insecure kemudian berubah menjadi rasa cemburu yang berlebih. Orang yang memiliki sifat ini biasanya mempunyai kebiasaan buruk yaitu salah satunya adalah melarang-larang pasangannya untuk berbicara dengan teman lawan jenis.

Adanya Kekerasan Verbal Maupun Fisik

Apabila pasangan anda suka mencemooh, merendahkan, bahkan sampai meneriaki dengan suara yang lantang berarti mereka sudah melakukan kekerasan verbal terhadap anda. Kekerasan verbal bisa juga ketika sang pasangan mencaci anda.

Misalnya, mengatakan anda bodoh, murahan, dan kata-kata yang dapat membuat anda menjadi sakit hati.

Dalam hal yang lebih ekstrem, jika ia sudah melakukan kekerasan fisik pada anda, seperti mendorong, memukul, menjambak. Hal tersebut sudah jelas bahwa tindakan tersebut adalah abusive. Tindakan abusive sudah jelas sangat berbahaya, bahkan dapat berujung pada kematian.

Adanya Gaslighting

Gaslighting merupakan bentuk kekerasan mental berupa berbohong atau memanipulasi seseorang secara psikologi sampai mereka mempertanyakan kenyataannya dan menerima realitas orang lain. Hal ini sangat susah untuk disadari.

Gaslighters biasanya ditandai dengan seseorang yang suka berbohong. Ketika kebohongan mereka terungkap, mereka akan terus menyangkal kebohongan yang mereka perbuat dan akhirnya anda percaya atas kebohongan mereka.

Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri

Pasangan seringkali melarang apa pakaian yang tidak boleh anda pakai, dengan alasan mereka tidak menyukainya. Padahal, bisa jadi pakaian tersebut merupakan pakaian yang sangat kita sukai, alhasil upaya anda agar tidak terjadi konflik akhirnya kita pun menuruti perkataan mereka.

Selain itu, terkadang pasangan suka melarang hobi yang sangat anda sukai. Hal ini sangat tidak sehat karena bisa menghambat kelangsungan kegiatan dan ambisi kita.

Add a Comment