Resep Memasak: Bistik Bola Ayam Lezat

bistik bola ayam lezat

PrimaBerita – Bistik bola ayam adalah sebuah masakan yang menggunakan bahan dasar daging ayam dan berbentuk seperti bola pingpong. Dalam perkembangannya, rasa bistik bisa disesuaikan dengan selera.

Bagi orang Indonesia, bistik biasa tersaji dengan rasa pedas karena orang Indonesia suka pedas. Nah bila anda ingin membuat bistik bola ayam lezat dan nagih, berikut resepnya untuk anda.

Bahan-bahan Membuat Bistik Ayam

Sediakan bahan-bahan seperti:

  1. 300 gram dada ayam fillet
  2. 3 siung bawang putih
  3. Sebutir telur ayam
  4. 50 gram tepung sagu tani
  5. Garam, kaldu jamur, serta lada secukupnya
  6. Minyak goreng seperlunya

Sedangkan bahan membuat saus terdiri dari:

  1. 4 sdm saus sambal
  2. 2 sdm saus tomat
  3. 1/2 bawang bombay (potong-potong membentuk dadu)
  4. 1 buah wortel (potong dadu)
  5. 100 ml air bersih
  6. 1/2 jagung pipil
  7. 1 buah kentang (potong dadu)
  8. 3 siung bawang putih (haluskan)
  9. 1 batang daun bawang
  10. 1 sdm maizena (larutkan dengan sedikit air)
  11. 100 ml air kaldu ayam
  12. 1 sdm kecap manis
  13. Gula serta garam seperlunya

Resep Menyajikan Bistik Bola Ayam Lezat

  • Masukkan potongan-potongan daging ayam serta bawang putih pada chopper. Gilinglah sampai halus untuk kemudian anda tambahkan telur ayam, garam, bersama dengan lada dan kaldu jamur. Tambahkan pula sagu tani setelahnya. Giling semuanya sampai bertekstur halus dan menyatu.
  • Panaskan minyak goreng ke dalam wajan. Buatlah bulatan-bulatan bola ayam dengan bantuan sendok. Lakukan sampai semua adonan bistik habis.
  • Kemudian gorenglah bistik ayam ke dalam wajan penggorengan yang sudah panas. Tunggu hingga matang sebelum anda tiriskan ke dalam saringan.
  • Sesudah itu buatlah adonan saus bistik. Caranya panaskan dua sendok makan minyak lalu tumis bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga kedua bawang menghasilkan aroma yang harum.
  • Selanjutnta tuang potongan-potongan wortel, kentang, serta pipilan jagung. Aduk-aduk semua bahan yang terdapat dalam wajan secara merata. Tuang air dan kaldu. Tunggu hingga bahan-bahan mendidih dalam wajan.
  • Lantas tambahkan saus sambal beserta saus tomat dan kecap manis. Bumbu dengan sedikit garam serta gula pasir. Masaklah sampai semua bahan makanan matang. Kentalkan pula dengan maizena.
  • Jika membuat saus sudah selesai, langkah yang terakhir yaitu mencampurkan bola ayam. Taburi juga dengan daun bawang. Bistik bola ayam lezat siap tersaji.

Add a Comment