Pangdam I/BB Berangkatkan Satgas Apter Untuk BKO di Wilayah Timur Indonesia

PrimaBerita – Untuk memperkuat dan mempercepat pembangunan pertahanan negara Indonesia di wilayah Timur. Maka pihak Komando Daerah Militer I/ Bukit Barisan (Kodam I/BB) telah memberangkatkan satuan tugas (Satgas) Aparat Teritorial (Apter) untuk bergabung dan ditempatkan atau di bawah kendali operasi (BKO) Kodam XVII/ Cenderawasih dan Kodam XVIII/ Kasuari.

Demikian hal yang dikatakan Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, MM, saat memimpin acara pemberangkatan Satgas Apter di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (10/12/2020).

Menurut Pangdam I/BB bahwa selaku prajurit sapta marga, harus berdedikasi tinggi menjawab panggilan tugas yang diberikan oleh Negara, karena panggilan tugas itu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seorang prajurit.

Disebutkan Pangdam I bahwa pemberangkatan ratusan personel Apter Kodam I/BB telah sesuai perintah dari Mabes TNI AD, pimpinan memandang perlu percepatan pembangunan pertahanan negara di wilayah timur. Atas dasar itu, Kodam I/BB telah mengirimkan para personel Satgas yang terbaik dan terlatih.

Pangdam I mengungkapkan bahwa dengan adanya keberadaan personel Satgas Apter ini, bisa mempercepat persiapan pengembangan dan pembangunan untuk pembentukan Kodim baru di dua Kotama.

Pangdam I berharap para prajurit Apter dalam melaksanakan tugas harus menjunjung semangat pengabdian, Profesional, Dedikasi, Disiplin dan laksanakan lima pengetahuan dan kemampuan teritorial.

Aktifkan kemampuan Binter mulai dari temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial”, ucap Pangdam.

Lanjut Pangdam I/BB berharap para personel Satgas Apter dalam menjalankan tugas harus berdedikasi tinggi, loyalitas dan tetap semangat, sehingga mampu menjawab tuntutan tugas dan sesuai harapan pimpinan TNI AD.

“Jaga nama baik Kodam I/Bukit Barisan, dengan menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, tunaikan tugas ini dengan penuh tanggungjawab, taat dan tegas sesuai norma hukum yang berlaku,” ujar Pangdam.

“Ingat tugas pengabdian selaku prajurit adalah tugas mulia. Jangan lupa jaga kesehatan, keselamatan, keamanan, tingkatkan keimanan dan ketakwaan sesuai agama masing- masing terutama dalam pelaksanaan tugas”, pungkas Mayjen Hassanudin.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain , para Pju Kodam I/ BB, LO TNI AL, LO TNI AU, para Dansat BS wilayah Medan. ( Edi Sukarno )

Add a Comment