Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemi Covid-19

Tips Mendaki Gunung

PrimaBerita – Kegiatan mendaki gunung telah boleh anda lakukan meskipun sebenarnya pandemi virus corona belum mereda namun harus teta[ menerapkan peraturan dan protokol kesehatan yang ketat. Anda juga perlu melakukan tips mendaki gunung di masa pandemi covid-19 ini.

Para akademisi sebenarnya sudah memperkirakan jika hal-hal yang berbau wisata alam, seperti kegiatan mendaki gunung, bakal menjadi tren wisata selama masa new normal atau normal baru.

Berikut Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemi Covid-19

Pastikan fisik dan mental benar-benar sehat

Penting untuk memastikan kondisi fisik dan mentalmu benar-benar dalam keadaan sehat. Jangan memaksakan mendaki jika kondisi tubuh sedang tidak sehat atau kurang fit. Jika stamina anda tidak baik, ini akan mengganggu dan membahayakan anda serta rekan penndaki anda.

Sebaiknya berlatih dahulu sebelum mendaki yaitu melakukan olahraga seperti, jogging atau berjalan kaki sembari membawa beban agar tubuh anda tidak terkejut.

Mendaki dengan rencana yang matang

Jangan pernah mendaki tanpa rencana yang matang. Kegiatan mendaki gunung bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak anda rencanakan dengan matang.

Rencanakan logistik dengan baik. Anda bisa mulai memperhitungkan bekal makanan dan minuman yang cukup untuk anda sendiri dan kelompok anda. Agar anda tidak kewalahan sebaiknya bawa makanan praktis dengan kalori yang tinggi.

Hal penting lainnya adalah memperhitungkan medan dan cuaca pada gunung tujuan anda. Kamu bisa mencari informasi tentang medan gunung yang akan kamu kunjungi.

Meskipun cuaca gunung sangat tidak sulit untuk anda prediksi, setidaknya bisa mengetahui informasi awal cuaca pada wilayah tersebut. Kondisi medan dan cuaca nantinya juga akan memengaruhi logistik yang akan anda bawa.

Perhatikan regulasi baru pada gunung tertentu

Perhatikan pula regulasi baru pada gunung-gunung tujuan anda. Biasanya pengelola memiliki aturan baru yang lebih ketat untuk mencegah penularan virus corona. Jangan pernah melanggar regulasi atau aturan yang sudah anda tetapkan.

Sebelum mendaki, anda harus paham aturan tentang maksimal kapasitas, lama waktu yang tersedia, cara pendaftaran, dan aturan-aturan penting lainnya.

Usahakan menggunakan perlengkapan dan peralatan pribadi

Usahakan untuk selalu menggunakan perlengkapan dan peralatan pribadi, seperti alat makan, alat tidur, atau alat mandi. Hindari pinjam dan meminjamkan barang ke orang lain selama masa pandemi ini. Pasalnya, virus corona juga dapat mudah menyebar lewat perantara benda.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa hygiene kit dan masker tambahan. Hygiene kit terdiri dari hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

 Selalu terapkan 3M

3 M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. Protokol kesehatan 3M diharapkan ampuh memutus rantai penularan virus corona.

Add a Comment