Kumpulan Gambar Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2020

PrimaBerita – Kumpulan gambar ucapan selamat hari guru nasional 2020 ini bisa anda bagikan melalui akun media sosial anda. Baik itu pada story Wa, IG atau pun FB.

Tepat pada hari ini adalah hari yang paling istimewa bagi seluruh guru-guru yang adadi Indonesia. Sebab tanggak 25 November 2020 ini adalah peringatan Hari Guru Nasional bagi seluruh guru d! tanah air.

Biasanya adalah memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional terdapat upacara serta syukuran dan lain-lain untuk mewujudkan rasa terima kasih.

Namun karena masih dalam masa pandemi maka kemungkinan upacara yang akan terlaksana sama seperti upacara lainnya yakni dalam situasi terbatas dan hanya dalam siaran secara live streaming.

Tidak perlu khawatir bagi murid guru ataupun yang lain yang ingin membagikan ucapan bisa anda bisa menggunakan beberapa ucapan Selamat Hari Guru Nasional ini.

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan setiap negara memperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Pada beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Sejarah Hari Guru Nasional

Sejarah Hari Guru Nasional tidak lepas dari Keputusan Presiden (Keppres).
“Tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Pertama bukan merupakan hari libur,” tulis Keppres Nomor 78 tahun 1994.

Dalam Keppres tersebut menjelaskan pertimbangan penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional terutama peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Selain itu, 25 November telah diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penetapan Hari Guru Nasional pada 25 November adalah wujud penghormatan pada guru.

Terkait hari lahir atau ulang tahun PGRI pada 25 November dapat dilihat di situs organisasi guru tersebut. PGRI lahir dari organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri di zaman kolonialisme pada 1912.

Anggota PGHB adalah para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah, yang umumnya bertugas pada Sekolah Desa serta Sekolah Rakyat Angka Dua. Selain PGHB, berdiri pula organisasi guru lain dengan berbagi corak misal profesi dan keagamaan.

Organisasi guru tersebut misalnya Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB). Selain itu ada Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), dan Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM).

Pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) yang tidak disukai bangsa penjajah. Penambahan kata Indonesia mengindikasikan semangat kebangsaan dan persatuan di antara guru serta tenaga kependidikan.

Berikut Kumpulan gambar ucapan selamat hari guru Nasional 2020

Add a Comment