Tips Merawat Tanaman Kaktus Hias di Rumah

tanaman kaktus hias

PrimaBerita – Tanaman kaktus bisa kita jadikan sebagai tanaman hias untuk menghiasi rumah maupun bangunan lainnya seperti kantor, kafe, maupun sekolah. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang berukuran pendek hingga memanjang. Hunian akan tampak lebih indah dengan tanaman hias kaktus.

Namun ternyata merawat kaktus sebagai tanaman hias rumah tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa cara yang harus anda terapkan agar tanaman berumur panjang.

Pemilihan Media Tanam

Mulailah memasukkan kerikil pada bagian dasar pot, lalu lanjutkan dengan tanah, pasir kasar, serta serbuk arang pada bagian atasnya. Adapun kerikil tersebut berguna untuk sistem drainase sedangkan arang terletak pada bagian atas supaya kaktus bisa bernafas dengan baik. Karena struktur arang berongga.

Gunakan Pot yang Tepat

Meski tampaknya sepele, akan tetapi penggunaan pot yang tepat juga bisa mempengaruhi pertumbuhan kaktus.  Sebab seiring bertambahnya waktu, kaktus akan tumbuh lebih besar. Nah pot yang kecil tidak memungkinkan lagi bila kaktus semakin tumbuh besar. Jadi pastikan untuk menyesuaikan ukuran pot dengan kaktus. Akan lebih menarik lagi bila anda memilih warna yang sesuai.

Perhatikan Proses Pemberian Pupuk

Kaktus bukanlah tanaman yang harus selalu diberi pupuk. Bahkan anda cukup memberikan pupuk pada tanaman kaktus anda setahun sekali. Lakukan pemberian pupuk tersebut saat musim hujan. Dengan begitu kaktus hias bisa menjadi lebih awet dan tumbuh tahan lama.

Pastikan Kaktus Mendapat Cahaya Matahari Cukup

Merawat kaktus ruangan memang agak lebih rumit ketimbang merawat kaktus luar ruangan yang bisa terpapar sinar matahari langsung. Namun anda bisa meletakkan tanaman kaktus dekat jendela yang pada bagian atasnya terdapat kanopi. Sebab meletakkannya di bawah sinar matahari langsung membuat kaktus mengering.

Jangan Menyiram Terlalu Sering

Kaktus merupakan tanaman yang unik karena tanaman ini bisa menyimpan persediaan air dalam batangnya. Maka dengan begitu, anda juga tak perlu lagi untuk menyiram kaktus lebih sering. Menyiram kaktus dengan air berlebih bisa membuat tanaman menjadi mati. Jadi cobalah untuk menyiram kaktus sekali dalam 1 minggu saat pagi hari.

Add a Comment