5 Fakta Bunga Janda Bolong, Tanaman yang Lagi Hits Berharga Mahal

bunga janda bolong

PrimaBerita – Bunga janda bolong akhir-akhir ini ramai diperbincangkan khalayak. Bagaimana tidak, tanaman hias yang mendadak populer ini bahkan memiliki harga yang cukup mahal yakni mencapai Rp 100 juta. Tanaman ini pun bisa melebihi harga sepeda brompton yang sangat trend beberapa waktu lalu.

Monstera atau dengan istilah lain tanaman janda bolong merupakan spesies tanaman merambat tropis yang berasal dari keluarga araceae, keluarga aroid. Tanaman ini juga termasuk ke dalam salah satu keluarga aroid yang menghasilkan buah, meski aroid hanya sedikit. Penasaran dengan fakta bunga janda bolong?

Fakta-fakta Bunga Janda Bolong

Tahan Lama

Janda bolong cenderung tahan terhadap hama dan penyakit tanaman sehingga membuat tanaman ini sifatnya bisa tahan lama sebagai tanaman hias. Jadi anda hanya perlu meletakkan tanaman ini pada lingkungan yang cukup lembab, misalnya pada ruangan yang bersuhu normal. Yang terbaik adalah tidak membiarkan tanaman tumbuh pada kondisi suhu kurang dari 60 derajat F.

Awal Penemuan

Pada tahun 1963, seorang ahli botani asal Prancis bernama Charles Plumier pertama kali menemukan tanaman janda bolong. Walaupun tanaman ini sebenarnya telah lama ada pada Amerika Tengah.

Nama Janda Bolong

Tanaman hias ini sebenarnya memiliki nama latin monstera adansonii variegated. Nama janda bolong karena daunnya yang bolong alami.

Perawatan Tanaman Hias Janda Bolong

Monstera cenderung lebih mudah untuk terawat. Bahkan dengan kondisi yang minim cahaya serta penyiraman 1 sampai 2 kali dalam seminggu, tanaman hias ini juga bisa bertumbuh dengan baik. Lagipula tanaman janda bolong tak perlu mendapat banyak paparan sinar matahari langsung karena daunnya akan menguning.

Dalam kegelapan, janda bolong akan menujukkan situasi fototropisme negatif, yakni daun baru tumbuh menuju kegelapan. Sementara itu untuk mengekang pertumbuhan yang berlebihan, anda bisa memangkas tanaman janda bolong secara teratur.

Daun Monstera

Ada dua jenis monstera yakni monstera deliciosa serta monstera adansonii. Dan tentang daunnya, lubang daun monstera deliciosa umumnya tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang sedangkan monstera adansonii memiliki bentuk daun yang lebih panjang serta lentik.

Add a Comment