Tips Hentikan Pikiran Berlebih, Bisa Jadi Kebiasaan Buruk Lho!

pikiran berlebih jadi kebiasaan

PrimaBerita – Keseringan untuk overthinking atau kerap memiliki pikiran berlebih bisa berpotensi jadi kebiasaan buruk. Apabila tidak dihentikan maka dapat mendera otak secara berkelanjutan. Akibatnya bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Padahal apa yang kita pikirkan secara terus menerus belum tentu bermanfaat. Selain itu umumnya mereka akan kerap mengulangi percakapan yang mereka lontarkan beberapa waktu lalu, menebak-nebak suatu keputusan, serta sering menerka sesuatu yang belum pasti. Rasa khawatir juga selalu menggelayut dalam pikiran hingga kepada hal-hal negatif lainnya.

Nah agar anda bisa menghentikan pikiran berlebih, berikut beberapa hal yang dapat anda terapkan agar tidak jadi suatu kebiasaan yang buruk.

Fokus Pada Solusi

Fokuslah pada solusi dan selalu arahkan jalan anda ke arah yang benar. Ini juga dapat membantu anda untuk menghentikan sifat overthinking. Kendalikan jalan keluar terkait masalah yang anda alami. Bila perlu beranikan hidup untuk memberikan opsi untuk berjaga-jaga apabila solusi yang pertama tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Pelajari Keterampilan Menguasai Pikiran

Waktu yang telah berlalu tentu tak dapat kita ulang kembali. Bahkan apa yang akan terjadi esok hari tak perlu kita khawatirkan secara berlebih karena kita hidup untuk hari sekarang. Nah jika anda terampil dalam menguasai pikiran sendiri maka anda bisa memberikan perhatian secara penuh terhadap apa yang sedang anda kerjakan sekarang. Namun untuk dapat menguasai pikiran seseorang perlu berlatih dan seiring berjalannya waktu hal ini dapat menghentikan sikap overthinking.

Hentikan Kebiasaan yang Suka Melamun

Overthinking bisa menjadi suatu kebiasaan yang tidak anda sadari. Misalnya suatu kali anda sedang melamun. Nah jika itu terjadi anda perlu memperhatikan pola berpikir anda. Karena saat melamun, mengulang sebuah kejadian bisa membuat anda terjebak ke dalam lembah overthinking atau memikirkan hal secara berlebih. Maka ketika itu terjadi bisa jadi produktivitas anda menjadi terganggu.

Refleksikan Pikiran

Memendam masalah yang terlalu lama dan terlalu berlarut-larut berpotensi menjadikan anda sebagai pribadi yang tidak produktif. Cobalah luangkan setidaknya sekitar 20 menit untuk melakukan “me-time” atau “quality time” dalam rutinitas harian anda. Selama waktu tersebut biarkan pikiran anda tenang.

Add a Comment