Tips Agar Menjadi Turis yang Ramah Saat Berdestinasi

Cara Menjadi Turis yang Ramah Saat Berdestinasi

PrimaBerita – Menjadi turis yang ramah tentu menjadi sebuah kewajiban yang harus kita laksanakan saat berdestinasi wisata. Pasalnya hal tersebut bisa menarik hati orang-orang setempat yang lokasinya kita kunjungi. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa tips untuk anda terapkan saat liburan atau traveling.

Kenali Budaya Lokal

Ada baiknya mengenali budaya lokal terlebih dahulu sebelum menginjakkan kaki ke lokasi yang sudah anda pilih. Misalnya anda bisa membaca informasi-informasi dari internet tentang budaya lokal setempat. Lalu bagaimana pun saat anda berkunjung ke tempat orang lain, anda tetaplah tamu. Jadi berlaku sopanlah di tempat wisata. Hal sederhana yang bisa anda lakukan yaitu mengenali beberapa ungkapan keseharian setempat. Misalnya mengucapkan ‘terima kasih’ dengan bahasa warga setempat.

Mendukung Kearifan Lokal

Turis yang ramah juga mendukung kearifan lokal. Sehingga saat datang ke daerah baru, hormatilah adat dan tradisi setempat. Selain itu ketahui juga lokasi-lokasi yang dilarangan untuk pengunjung umum. Bila anda memiliki waktu liburan yang cukup lama, anda mungkin bisa ikut bergotong royong dengan warga setempat. Selain bisa berpartisipasi, tentu hal ini juga menjadi suatu pengalaman berharga bagi anda.

Bangunlah Percakapan Kecil

Saat anda bersantai pada tempat-tempat nongkrong seperti kafe, cobalah untuk melakukan cakap-cakap sederhana dengan warga lokal. Sebab biasanya warga lokal juga senang dengan turis yang ingin tahu tentang daerah mereka. Bahkan jika terlihat sudah akrab, warga lokal malah dengan senang hati mengantarkannya.

Jangan Sungkan Memberi Pujian

Jangan memberi pujian pada siapapun yang anda anggap pantas diberikan pujian. Termasuk juga memberikan tips pada petugas hotel yang membantu anda selama proses check-in maupun check-out. Anda juga bisa memberikan pujian serta tips kepada pemandu wisata anda.

Ingatlah Nama Orang yang Membantu Melayani Anda

Anda bisa menerapkan hal ini kepada petugas hotel maupun pemandu wisata. Anda bisa mengucapkan terima kasih dan menanyakan nama mereka. Lalu mengulang kalimat terima kasih pada orang tersebut. Misalnya, “terima kasih, miss Melly!” dan lain sebagainya.

Add a Comment