Pertolongan Pertama Pada Pengidap Penyakit Asma

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Asma

PrimaBerita – Ketahui cara pertolongan pertama pada pengidap penyakit asma. Hal ini penting, karena mungkin anda menemukan beberapa orang sedang mengalami penyakit yang satu ini

Asma sendiri adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas. Akibatnya timbul rasa sesak dan kesulitan bernapas.
Asma bisa menyerang siapa pun dan tidak bisa untuk sembuh.

Namun penanganan yang tepat dapat mengontrol serangan dan penderita bisa menikmati hidup berkualitas.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu dan menjadi penyebab asma:

  • Genetika
  • Bulu binatang
  • Asap rokok, polusi udara
  • Infeksi, terutama yang berhubungan dengan saluran napas atas seperti flu
  • Emosi berlebihan, misalnya tertawa terbahak-bahak
  • Alergi makanan, misalnya alergi kacang-kacangan
  • Stres
  • Olahraga
  • Cuaca, termasuk perubahan suhu udara, udara dingin, lembap
  • Kondisi dalam ruangan yang lembap atau berdebu
  • Obat-obatan, misalnya obat pereda sakit anti-inflamasi nonsteroid seperti aspirin dan ibuprofen

Berikut Pertolongan Pertama Pada Pengidap Penyakit Asma

Duduk tegak

Saat terjadi serangan asma, segera hentikan kegiatan yang sedang anda lakukan. Kemudian, duduklah dengan tegak. Tindakan ini memungkinkan anda untuk bisa bernapas dengan lebih baik. Hindari posisi bungkuk atau berbaring, karena kedua posisi tersebut dapat membuat saluran napas semakin tersumbat.

Tarik napas dalam dan panjang

Serangan asma dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida (hiperventilasi), yang bisa mengganggu aliran darah ke otak. Tarik napas panjang dan dalam. Lakukan selama beberapa saat hingga kondisi terasa membaik.

Tetap tenang

Agar asma tidak semakin parah, cobalah untuk tetap tenang dan relaks. Atur napas sedemikian rupa, agar tidak terlalu cepat. Selain itu, usahakan juga untuk mengendurkan pakaian yang terasa sempit. Hal ini bertujuan agar laju napas tetap.

Segera hindari Penyebab

Penderita asma sangat perlu mengetahui bahan atau zat apa saja yang bisa menyebabkan serangan. Apakah itu debu, asap rokok, aroma zat kimia, atau lainnya. Jika sudah mengetahui, benar-benar jauhi zat penyebab asma tersebut.

Minum secangkir teh hangat

Minuman hangat yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, dapat sedikit membantu membuka saluran napas. Pada akhirnya, serangan asma yang terjadi akan terasa lebih ringan.

Segera cari pertolongan medis. Jika batuk atau sesak napas bertambah parah setelah beristirahat, segeralah cari pertolongan medis. Jangan anggap sepele, karena serangan asma yang dibiarkan berlanjut bisa berujung pada kematian.

Add a Comment