Minuman Untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Rutin Konsumsi

minuman menjaga kesehatan jantung

PrimaBerita – Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk anda jaga. Oleh karena itu perhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar kapalan tangan. Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut Minuman Untuk Menjaga Kesehatan Jantung :

Kopi

Sebuah tinjauan terhadap 36 studi dalam jurnal Circulation menemukan bahwa individu yang minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah.

Minum kopi dalam jumlah sedang juga berpengaruh dengan penurunan risiko stroke dan gagal jantung. Meski bergitu, anda harus membatasi konsumsi kopi hingga lima cangkir per hari.

Karena jika lebih, mungkin akan menyebabkan rasa gelisah atau kesulitan tidur bagi sebagian orang. Selain itu, untuk menjaga kopi tetap sehat, batasi penggunaan krim yang mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi.

Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu atau Hibiscus sabdariffa. memiliki rasa asam dan merupakan sumber antioksidan polifenol yang kuat serta memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Sebuah studi yang tercatat dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 250 mL minuman ekstrak kembang sepatu setiap hari. Secara signifikan dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dan tingkat peradangan, jika anda bandingkan dengan minum air putih.

Minuman kakao

Menurut penelitian ilmiah yang jurnal Nutrients laporkan, menikmati produk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Salah satu cara terbaik menikmati kakao dan tetap mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengolah kakao menjadi minuman cokelat. Untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam secangkir susu panas. Taburi dengan bubuk kayu manis dan madu atau sirup maple sebagai pemanis alami.

Teh hijau dan matcha

Matcha maupun teh hijau sama-sama mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi, namun matcha mengandung EGCG dalam tingkat yang lebih tinggi. EGCG merupakan senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Studi dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan lemak pada dinding arteri, dan membantu mengurangi peradangan serta kerusakan sel. Karena alasan ini, asupan teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Air jeruk

Buah sitrus, seperti lemon dan jeruk kaya akan manfaat kesehatan dan senyawa tanaman bermanfaat, seperti minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa minum jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Menjaga hidrasi yang baik juga bsangat penting untuk fungsi jantung, dan sebaliknya, dehidrasi dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular, termasuk stroke.

Add a Comment