Musim Hujan, Begini Cara Mencegah Rantai Motor Berkarat

Cara Mencegah Rantai Motor Berkarat

PrimaBerita – Saat musim hujan, kendaraan seperti sepeda motor bisa terkena air hujan dan menyebabkan karat terutama pada rantai. Namun anda bisa melakukan cara untuk mencegah rantai motor berkarat.

Untuk pengguna sepeda motor manual, rantai menjadi komponen penting karena berfungsi sebagai media penggerak roda. Jika komponen ini bermasalah tentu perjalanan anda menggunakan sepeda motor dapat terganggu.

Masalah pada rantai yang paling umum adalah karat. Karat bisa muncul karena anda jarang memperhatikan kebersihan rantai, terutama usai anda gunakan dan terkena kotoran serta air hujan.

Untuk anda ketahui, rantai sepeda motor yang berkarat akan menimbulkan suara yang tidak enak untuk anda dengar dan rantainya pun akan terlihat tidak menarik. Oleh karena itu anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Berikut cara Mencegah Rantai Motor Berkarat

Anda perlu mengetahu cara merawat sepeda motor agar tidak menimbulkan karat. Berikut caranya:

Pertama, rutin mengecek kondisi komponen itu, apalagi jika sering terkena air hujan.

Untuk mencegah karat sebaiknya bersihkan rantai dari air hujan dan kotoran yang menempel pakai sikat, lantas siram dengan air mengalir, lalu melumasinya menggunakan pelumas khusus rantai.

Jangan melumasi rantai dengan menggunakan oli bekas atau gemuk karena bisa menambah kotor pada permukaan komponen tersebut.

Kedua, sebaiknya bersihkan rantai setelah motor anda gunakan. Usai menggunakan rantai menjadi lebih lentur sehingga memudahkan pembersihan. Supaya lebih maksimal, sebaiknya sepeda motor berdiri menggunakan standar tengah saat rantai sedang anda bersihkan.

Ketiga, pembersihan bisa dilakukan juga pada gir karena bagian ini rentan kotoran. Bersihkan menggunakan kain yang sudah terendam detergen agar kotoran lebih mudah dihilangkan. Namun jika kotorannya membandel, baiknya pakai pisau berbahan plastik untuk mengerik kotorannya.

Setelah itu semua dilakukan, pemilik motor juga wajib rutin mengencangkan rantai bila sudah kendur. Rantai yang kendor bisa lepas seketika dalam perjalanan.

Add a Comment