7 Tips Melegakan Tenggorokan dengan Mudah dan Cepat

PrimaBeritaTenggorokan gatal memang membuat tidak nyaman, untuk itu anda perlu melakukan beberapa tips ini untuk melegakan tenggorokan dengan mudah dan cepat.

Sakit tenggorokan bisa menjadi tanda gejala pita suara yang menegang atau indikasi kesehatan yang lebih serius.

Terlepas dari penyebabnya, saat tenggorokan terasa sakit, Anda mungkin tergoda untuk segera minum antibiotik karena mengira itu adalah radang tenggorokan akibat infeksi bakteri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 Tips Melegakan Tenggorokan dengan Mudah dan Cepat

1. Kumur-kumur air garam

Kumur-kumur dengan air garaam beberapa kali dapat melonggarkan lendir dan membantu membuang iritasi atau bakteri.

Dokter biasanya menganjurkan untuk melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air. (Jika Anda kurang suka rasa asinnya, coba tambahkan sedikit madu untuk mempermanisnya).

Kemudian, tengadahkan kepala dan berkumurlah selama sekitar 30 detik, lalu keluarkan setelahnya, karena Anda tentu tidak ingin menelannya.

2. Minum Air putih

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan minum air secukupnya dan terus menghidrasi diri sebanyak sesering dan sebanyak mungkin, untuk menjaga tenggorokan tetap terlapisi dan nyaman. Minuman hangat juga lebih membantu daripada air dingin.

3. Teh

Teh non-herbal (baik yang terbuat dari daun teh hitam, hijau, atau putih) mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan dan menangkal infeksi.

Untuk membantu obatnya masuk lebih mudah, tambahkan satu sendok teh madu, yang mungkin memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu Anda sembuh lebih cepat.

4. Sup ayam

Sodium yang ada dalam sup ayam bisa menjadi anti-inflamasi dan terasa nyaman jika anda telan. Makan biasa mungkin terasa sulit bagi yang sedang sakit tenggorokan, bahkan hanya untuk menelannya. Dengan kuah sup, tenggorokan akan terasa lega.

5. Marshmallow

Marshmallow dapat mengobati batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Meskipun berbeda dengan marshmallow modern yang banyak orang membawanya saat membuat api unggun, keduanya mungkin membantu meringankan sakit tenggorokan.

6. Istirahat

Meskipun bukan solusi tercepat, namun memiliki istirahat yang cukup bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh anda akan pulih dengan cepat jika anda beristirahat.

7. Sesendok penuh madu

Saat menghadapi sakit tenggorokan, sesendok makan madu bisa membantu mengatasinya. Bahkan CDC merekomendasikan madu untuk mencoba mengatasi sakit tenggorokan (hanya pastikan Anda tidak memberikannya untuk anak di bawah usia 1 tahun).

Selain karena komposisinya yang cair dan melegakan tenggorokan, madu juga dipercaya memiliki antimikroba yang membantu Anda sembuh lebih cepat.

Add a Comment