5 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi

PrimaBerita – Ketika anda terlalu banyak minum kopi maka tubuh akan memberikan tanda. Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun jika anda minum secara berlebih akan memberikan dampak.

Terlalu banyak minum kopi bisa memicu berbagai macam keluhan. Kenali tanda-tandanya ketika anda sudah mulai kebanyakan minum kopi.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Koomoditas pada dunia lebih dari 50 negara telah membudidayakan kopi. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

Mengutip dari The Healthy, berikut 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Kopi :

1. Perasaan cemas

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat, The National Institute of Mental Health mengatakan tanda seseorang terlalu banyak minum kopi adalah mengalami gangguan kecemasan.

Kafein meningkatkan kewaspadaan. Tetapi meminum kopi dalam dosis banyak setiap hari dapat memunculkan rasa cemas dan gugup.

Kafein dapat memperparah kecemasan dan membuat tidak dapat tertidur pulas. Bagi yang merasa cemas, hindari minum kopi untuk sementara waktu.

2. Jantung berdebar

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi menyebabkan beberapa kasus keluhan jantung berdebar yang berujung pada keluhan pusing berputar dan pingsan.

3. Nyeri ulu hati

Jika memiliki riwayat sakit maag, hindari minum kopi berlebihan. Usahakan juga untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Kopi dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri pada ulu hati.

4. Sakit kepala

Minum kafein dengan dosis yang sesuai dapat membantu meringankan nyeri kepala. Namun, minum kafein yang berlebihan justru mengakibatkan sakit kepala.

Dari sebuah penelitian Johns Hopkins University, minum kopi lebih dari 500 mg kafein (setara dengan 5 cangkir kopi) justru dapat membuat mengalami sakit kepala dan badan lemas.

5. Diare

Pada beberapa orang, kopi memiliki efek laksatif dan dapat membuat buang air besar lebih sering, bahkan mengalami diare. Menurut The International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari 2 cangkir sehari dapat meningkatkan risiko diare.

Add a Comment