5 Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Teh Hijau

PrimaDaily – Terlalu banyak mengonsumsi teh hijau akan memberikan dampak pada kesehatan anda. Pada dasarnya, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi jika anda membandingkannya dengan teh lain.

Selain itu, terdapat juga kandungan anti peradangan dan anti karsinogenik dalamnya. Dampak sehat lain juga dari mikronutrisi dalam teh hijau seperti zinc, mangan, serta vitamin A, B, dan C. Sejumlah kandungan ini menjadikan teh hijau sangat baik bagi kesehatan.

Walau sangat sehat, pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi teh hijau hanya dua cangkir setiap hari. Maksimal lima cangkir setiap hari.

Melansir dari The Health Site, berikut Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Teh Hijau

Paltipasi Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan paltipasi jantung serta meningkatnya tekanan darah. Efek samping ini bisa sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah jantung.

Jika anda memiliki hipertensi, masalah kardiovaskular, serta komplikasi masalah lain, sebaiknya batasi konsumsi teh hijau.

Meningkatkan Stres dan Kecemasan

Mengonsumsi beberapa cangkir teh hijau justru malah bisa menimbulkan stres. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak kafein pada pembuluh darah bisa memicu kelenjar adrenalin memproduksi hormon stres.

Ketika mengonsumsinya dalam jumlah besar bisa menganggu penyerapan zat besi dari makanan. Lebih lanjut, hal ini bisa berujung pada munculnya anemia, masalah darah yang terjadi karena kurangnya sel darah merah.

Sebaiknya konsumsi setelah makan. Anemia bisa menyebabkan anda merasa lelah, melayang, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, nyeri pada dada, napas pendek serta meningkatnya detak jantung.

Sakit Perut dan Diare

Teh hijau juga memiliki kandungan tanni yang bisa menyusutkan sejumlah jaringan dalam tubuh. Terlalu banyak senyawa ini di dalam tubuh bisa menyebabkan mulut kering, mual, serta sakit perut.

Kandungan laksatif dari kafein ini juga bisa membuatmu mengalami diare jika mengonsumsinya terlalu banyak. Diare dan muntah yang terjadi berkali-kali bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berbahaya.

Masalah Tidur

Kafein terlalu banyak dari teh hijau bisa membuatmu kesulitan untuk tertidur. Hal ini tentu bisa berujung masalah lain baik secara mental maupun fisik.

Konsumsi teh hijau sebelum tidur juga bisa membuatmu ingin buang air kecil di malam hari. Hal ini bisa mengganggu tidurmu dan membuatmu kelelahan di pagi hari serta tidak dapat beraktivitas secara nyaman sesudahnya

Sumber artikel: Primadaily.com5 Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Teh Hijau.

Add a Comment