Macam-Macam Pipa Paralon Denya dan Cara Memasangnya

Pipa Paralon SDR-41

PrimaBerita – Dalam hunian anda, pipa paralon memiliki peranan penting. Dengan pipa yang satu ini, anda dapat menyalurkan air ke watafel, kamar mandi hingga dapur. Untuk itu sangat perlu anda mengetahui macam-macam pipa paralon merk Denya dan cara memasangnya.

Berbagai hal yang bisa anda lakukan dengan pipa ini sehingga tidak heran jika banyak orang kerap menggunakannya sebagai pelindung kabel listrik.

Saat ini, pipa paralon menggantikan peran pipa besi karena lebih ekonomis, anti karat, anti asam alkali, dan berbobot ringan. Terbuat dari bahan polivinil klorida, pipa paralon juga memiliki tingkat kelenturan yang tinggi sehingga menyederhanakan proses instalasi.

Berikut macam-macam Pipa Paralon Denya dan Cara Memasangnya

Pipa Paralon SDR-41

Pipa Paralon SDR-41

Jenis pipa paralon ini berguna untuk saluran pembuangan limbah. Pipa SDR-41 memiliki ketebalan yang efektif untuk mengalirkan flurida berupa limbah tanpa tekanan. Biasanya ada dalam ukuran panjang 6 meter per batang dengan diameter mulai dari 3 inci hingga 24 inci. Untuk memudahkan identifikasi saluran air, pipa paralon SDR-41 menjadi warna cokelat.

Pipa Paralon JIS (Japanese Industrial Standard)

Umumnya, pipa paralon yang banyak beredar merupakan produk impor dengan standar kualitas JIS atau Japanese Industrial Standard. Pipa standar JIS terbagi dalam 3 jenis yang dibedakan menurut diameter dan ketebalan, seperti:

Pipa Paralon JIS Tipe AW

Jenis pipa yang satu ini merupakan yang paling tebal dan sanggup menahan tekanan air mencapai 10 kgf/cm2. Tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari ½ inch hingga 10 inch, pipa paralon AW ideal anda pakai untuk saluran air dengan tekanan tinggi, misalnya menyalurkan air dari pompa.

Pipa Paralon JIS Tipe D

Untuk pipa paralon tipe D ketebalannya sedikit lebih tipis ketimbang tipe AW. Pipa tipe D hanya sanggup menahan tekanan air hingga 5 kgf/cm2 sehingga cocok anda gunakan untuk menyalurkan air dengan tekanan yang tidak terlalu besar. Tersedia dalam variasi ukuran mulai dari 1 ¼ inci hingga 10 inch, anda harus menghindari penggunaan pipa paralon tipe D pada air tekanan tinggi karena berpotensi patah.

Pipa Paralon JIS Tipe C

Dalam standarisasi JIS, variasi pipa paralon lainnya adalah tipe C yang memiliki ukuran paling tipis. Pipa yang satu ini kurang tahan terhadap tekanan sehingga biasanya hanya digunakan sebagai pelindung kabel listrik saja. Pada pasaran, pipa paralon tipe C tersedia dalam ukuran diameter mulai dari 5/8 inch hingga 5 inch.

Pipa SNI

Pipa SNI merupakan pipa yang menggunakan Standar Nasional Indonesia. Biasanya banyak PDAM yanng telah menggunakan dan tersedia dalam ukuran panjang batang mulai dari 4 meter hingga 6 meter. Sedangkan instalasinya bisa anda lakukan dalam dua cara seperti menggunakan perekat atau disambung menggunakan karet.

Cara Memasang Pipa Paralon

Untuk memasang pipa paralon, pertama-tama anda harus memotongnya sesuai kebutuhan menggunakan gergaji khusus plastik. Pastikan, gergaji tersebut memiliki ketajaman yang prima sehingga hasil potongan rata dan tidak menyimpang.

Setelah anda selesai memotongnya, lanjutkan proses dengan menghaluskan bagian pipa bekas gergaji memakai kertas amplas. Proses ini penting anda lakukan karena bagian pipa yang tidak rata akan mengganggu proses penyambungan atau pengeleman, bahkan bisa menyumbat kotoran.

Jika sudah halus, silahkan lakukan pengepasan pipa paralon dengan menyambungkannya tanpa lem, kemudian berikan tanda antar sambungan dengan spidol. Fitting ini juga penting anda lakukan untuk memudahkan anda menentukan posisi sambungan yang tepat.

Setelah persiapan selesai, langkah terakhir dalam pemasangan pipa paralon adalah proses pengeleman. Silakan oleskan lem khusus pipa pada bagian dalam atau luar yang ingin disambungkan, kemudian rekatkan bagian pipa tersebut.

Jangan lupa, tekan sambungan pipa sekitar 15 detik hingga lem mengering, kemudian lap jika terdapat sisa lem yang menempel.

Tersedia dalam berbagai jenis, pipa paralon harus anda gunakan secara tepat sesuai kebutuhannya sehingga menahan cairan secara maksimal. Namun jika anda terlalu takut dalam penyambungan, PT Sinar Utama Indonesia menyediakan jasa pemasangan pipa.

Tidak hanya itu, berbagai macam pipa dan aksesorisnya turut serta melengkapi kebutuhan hunian anda dan solusi perpipaan anda.

Hubungi sekarang !

Telepon : 061 – 7941255

Email    : sales@denya.co.id

Kantor PT SINAR UTAMA NUSANTARA

Jl. Batang Kuis Km. 3.8 No. 168, Telaga Sari, Tj. Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 23657

Add a Comment