Ragam Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat probiotik

PrimaBerita – Manfaat probiotik memang sangat baik bagi tubuh manusia. Dan saat ini cukup banyak makanan maupun minuman yang mengandung probiotik hingga menjadi populer bagi masyarakat Indonesia.

Probiotik merupakan bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebab bakteri baik ini dapat membantu menyehatkan usus manusia. Berikut aneka manfaat probiotik bagi kesehatan.

Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Probiotik dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri jahat yang mampu menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia. Selain itu dengan bantuan probiotik, beberapa kondisi juga bisa membantu seseorang dalam proses penyembuhan berbagai situasi.

Baca Lainnya: Atasi Penyakit Berikut Hanya Dengan Suplemen Minyak Ikan

Melansir dari Alodokter, sejumlah manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Menurunkan timbulnya resiko infeksi pernafasan.
  2. Membantu meredakan penyakit diare penyebab virus, bakteri, ataupun parasit.
  3. Meringankan sindrom iritasi usus.
  4. Dapat membantu meringankan gangguan kulit, misalnya eksim.
  5. Menjaga kesehatan saluran kemih serta vagina.
  6. Meredakan gejala penyakit radang usus.
  7. Mencegah pilek.
  8. Mencegah kemunculan alergi.
  9. Menjaga kesehatan mulut.

Secara umum, probiotik terkandung dalam makanan/minuman maupun suplemen. Contoh probiotik dalam makanan/minuman yakni yoghurt, kimci, produk fermentasi susu kefir, dan juga tempe.

Lihat Pula: Waspada! Suplemen dan Vitamin Ini Justru Membahayan Kesehatan

Meski sebagian studi telah mengungkapkan berbagai macam manfaat dari probiotik, namun perlu berhati-hati bila hendak mengonsumsi probiotik berbentuk suplemen atau probiotik suplemen, khususnya pada anak-anak serta lansia dan wanita yang sedang hamil.

Maka agar tetap aman anda bisa selalu memperhatikan secara cermat label kemasan produk suplemen tersebut. Alangkah lebih baik lagi bila anda mengkonsultasikannya lebih dulu dengan dokter maupun ahli gizi sebelum mulai mengonsumsinya.

Pun demikian, ada beberapa efek samping yang perlu diketahui yang bisa timbul dan tergolong ringan meliputi:

  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Diare selama beberapa hari

Selain itu probiotik juga mempunyai kondisi kemungkinan memicu alergi bagi sebagian orang. Sehingga bila alergi menyerang anda setelah mengonsumsi probiotik maka segera hentikan lalu konsultasikan ke dokter.

Add a Comment