Jangan Remehkan Sariawan di Lidah, Atasi Segera

Sariawan di Lidah

PrimaBerita – Timbulnya sariawan di lidah tentu saja akan mengganggu aktivitas yang anda lakukan. Karena ada rasa tidak enak pada mulut, sakit dan peruh hingga menurunnya kemampuan merasakan makanan dan minuman.

Penyebab sariawan sendiri ada berbagai hal. Kondisi medis seperti aphthous stomatitis (canker sores), stres, infeksi HIV, kanker, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, efek samping kemoterapi, erta perubahan hormon pada masa kehamilan. Selain itu, juga dapat terjadi akibat infeksi pada mulut yang penyebabnya adalah jamur dengan istilah oral thrush.

Tidak hanya pada lidah, sariawan juga dapat timbul pada pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan.

Berikut Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Umumnya sariawan yang penyebabnya bukan infeksi jamur dapat membaik sendiri dalam waktu beberapa hari hingga 2 minggu. Namun jika penyebab sariawan oleh infeksi jamur, maka anda memerlukan obat antijamur untuk menghentikan pertumbuhan jamur. Obat tersebut bisa dalam bentuk tablet dan obat cair.

Salah satu pilihan obat sariawan pada mulut yaitu obat antijamur clomatrizole, dalam bentuk tablet kunyah lalu biarkan larut dalam mulut. Selain itu, ada pula obat antijamur nystatin.

Jika obat-obatan tersebut tidak dapat membantu, dokter dapat memberikan resep obat fluconazole atau itraconazole.

Beberapa cara berikut dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit sariawan :

  • Menyikat gigi dua kali sehari
    Hal ini untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari berbagi pakai sikat gigi dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri.
  • Jangan gunakan obat kumur atau spray
    Hal ini untuk menghindari pertumbuhan flora normal mulut, kecuali rekomendasi oleh dokter untuk mengatasi kondisi tertentu.
  • Berkumur dengan air garam
    Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda dapat berkumur
    dengan air garam beberapa kali dalam sehari.
  • Perbanyak minum air putih
    Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.
  • Pilih makanan yang tidak perlu banyak anda kunyah
    Misalnya, makanan lembut, agar-agar, dan es krim.
  • Yoghurt tanpa pemanis
    Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh, konsumsilah yoghurt tanpa pemanis yang mengandung Lactobacillus acidophilus, atau dapat juga anda minum dalam bentuk kapsul.
  • Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi
    Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.

Sariawan di lidah sebaiknya mendapat penanganan dari dokter, terutama jika tidak kunjung membaik atau tidak diketahui penyebab pastinya.

Jangan remehkan sariawan di lidah, terutama jika sudah mengganggu dan tak kunjung membaik. Konsultasikan ke dokter segera untuk pengobatan lebih lanjut.

Bagi anda yang berdomisili daerah kota Medan, anda dapat mengunjungi Klinik drg Sherley Ganda di Jl. S. Parman No.64 B, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

 

Add a Comment