Waspada, 5 Penyakit Kronis Ini Pemicunya Kolesterol Tinggi

Penyakit Kronis Pemicunya Kolesterol Tinggi

PrimaBeritaPenyakit kronis ini pemicunya bisa kolesterol tinggi. Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol dan menghasilkan zat secara alami. Namun karena pola makan dan gaya hidup yang tidak seimbang menyebabkan tingkat kolesterol dalam tubuh menjadi berlebihan.

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan memicu penyakit kronis, sehingga kadar kadarnya harus selalu anda jaga dalam batas normal.

Berikut 5 penyakit kronis yang pemicunya adalah kolesterol tinggi:

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan risiko utama dari kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk pada dinding arteri. Yang seiring waktu dapat membentuk plak dan menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis.

Menurut laman WebMD, kondisi ini kemudian menyebabkan arteri menjadi lebih sempit, yang memperlambat aliran darah ke otot jantung. Berkurangnya aliran darah ini dapat menyebabkan nyeri dada atau bahkan serangan jantung apabila pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

2. Disfungsi ereksi

Ketika individu memiliki terlalu banyak kolesterol jahat dalam darah, ini bisa menyebabkan penumpukan plak dan membatasi aliran darah ke arteri. Sama seperti arteri pada tempat lain dalam tubuh.

Menurut laman Everyday Health, arteri yang memasok darah yang penis butuhkan untuk ereksi juga dapat tersumbat.

Pada beberapa laki-laki, disfungsi ereksi bisa menjadi tanda awal kondisi kolesterol tinggi. Hal tersebut tidak boleh anda abaikan.

3. Stroke

Melansir dari laman Cleveland Clinic, stroke terjadi saat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah.

Penyebabnya adalah tingginya kolesterol yang menempel di dinding arteri, yang menyebabkan suplai darah ke otak berkurang.

Ketika otak tidak mendapatkan darah dan oksigen yang ia butuhkan, maka perlahan otak mulai mati.

4. Tekanan darah tinggi

Kolesterol tinggi juga berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Dikutip dari laman WebMD, ketika arteri mengeras dan menyempit akibat penumpukan plak kolesterol dan kalsium, ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah menjadi sangat tinggi. Tekanan darah tinggi ini juga terkait dengan penyakit jantung.

5. Penyakit Alzheimer

Melansir Everyday Health, terdapat studi yang menunjukkan adanya hubungan antara penyakit Alzheimer dan kolesterol tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati otak dari sekitar 150 orang yang meninggal, dan kurang lebih sepertiga di antaranya diketahui menderita demensia atau Alzheimer.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki plak di otak pada Alzheimer memiliki kadar kolesterol lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Namun, para peneliti tidak menemukan hubungan antara kekusutan, ciri khas Alzheimer, dan kadar kolesterol. Penelitian ini menegaskan bahwa kadar kolesterol tinggi dapat mengganggu fungsi otak.

Karena kolesterol tinggi dapat memicu berbagai penyakit kronis lainnya, kamu wajib berhati-hati dan pantau terus kadar kolesterolmu secara rutin, ya. Juga, terapkan gaya hidup aktif dan jaga pola makan. Ini tak cuma dapat mencegah kolesterol tinggi, tetapi juga berbagai penyakit lainnya.

Add a Comment