Manfaat Luar Biasa dari Susu Kuda Liar

PrimaDaily – Semua jenis susu memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan, tapi sudah pernahkah anda meminum susu kuda liar? Bagi sebagian orang mungkin menganggap susu kuda liar masih terasa asing. Tetapi ketahuilah bahwa susu kuda ternyata tidak kalah sehat dari susu sapi yang sangat populer.

Pada abad ke-19, orang-orang sudah mulai mengonsumsi susu kuda sebagai pengganti susu sapi. Sebab susu kuda ini mempunyai kandungan nutrisi berupa asam lemak tak jenuh jamak, protein, serta vitamin C. Dan saat ini susu kuda telah tersedia ke dalam bentuk bubuk dalam kemasan.

Berikut manfaat susu kuda liar bagi kesehatan.

Cocok Bagi Para Intoleransi Laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih minim ketimbang susu sapi sehingga hal inilah yang membuat susu kuda liar lebih mudah tercerna. Jadi susu kuda liar cocok bagi orang yang alergi dengan susu sapi atau intoleransi laktosa.

Lihat Juga: Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh Bayi

Melancarkan Pencernaan

Susu kuda liar bisa menyembuhkan berbagai masalah pencernaan manusia, misalnya diare. Pasalnya susu kuda liar memiliki kandungan lysozyme dan lactoferrin yang berfungsi dalam menahan pertumbuhan bakteri pada usus.

Lysozyme merupakan enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba sementara laktoferrin merupakan zat yang bersifat antibakteri, antiperadangan, serta antioksidan. Maka demi kesehatan, mengonsumsi susu kuda liar adalah hal yang baik.

Bisa Sebagai Pengganti ASI

Banyak rumah sakit negara Prancis yang menjadikan susu kuda sebagai alternatif ASI. Karena susu kuda mampu meningkatkan kekuatan serta kekebalan bayi baru lahir, terutama bagi bayi yang lahir prematur.

Untuk Kecantikan

Manfaat tak terduga lainnya dari susu kuda liar yaitu sebagai perawatan kulit. Hal ini karena kandungan latoferrin susu kuda liar bisa berindak sebagai pelembab alami kulit dan membantu meregenerasi kulir serta memperlambat penuaan. Selain itu susu kuda liar juga mampu mencegah kulit jerawatan.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Dalam setiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori lebih sedikit daripada susu sapi. Jadi bila orang sering mengonsumsi susu kuda liar tidak cepat gemuk. Bahkan susu kuda liar berkontribusi dalam mengurangi kolesterol jahat sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Sumber artikel: Primadaily.comManfaat Luar Biasa dari Susu Kuda Liar.

Add a Comment