Bukan Dari Ambon, Ini Fakta Kue Bika Ambon Khas Kota Medan

Fakta Kue Bika Ambon

PrimaBerita – Salah satu fakta dari kue bika ambon adalah bukan berasal dari daerah Ambon, melainkan dari Medan. Makanan khas kota Medan ini juga merupakan salah satu kue yang sangat populer di Sumatera Utara, khususnya di kota Medan.

Untuk membuat kue bika ambon bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya proses pembuatan kue ini memerlukan waktu berjam-jam dengan kebutuhan bahan yang cukup mudah dicari. Namun soal rasa, kue bika ambon khas kota Medan tak perlu diragukan lagi. Aromanya sangat lezat dan rasanya pun legit dilidah.

Yuk langsung saja intip fakta kue bika ambon yang perlu diketahui para penikmat kuliner.

Sejarah Kue Bika Ambon

Seperti yang sudah dikatakan di atas, beberapa orang masih beranggapan bahwa bika ambon berasal dari Ambon. Tetapi faktanya kue ini merupakan jajanan khas Medan Sumatera Utara.

Sebuah sumber mengatakan kalau nama ambon dibuat berdasarkan istilah dari warga Medan yang berarti lembut. Namun pendapat lainnya mengatakan nama ambon merupakan singkatan dari “Amplas-Kebon”.

Begitupun sampai saat ini belum ada yang memastikan cerita mana yang bisa menjadi sejarah terciptanya bika ambon.

Berbahan Baku Sederhana

Bahan baku kue basah bika ambon cukup sederhana seperti terdiri dari tepung terigu, tepung sagu, santan kelapa, ragi, telur ayam, nira, gula pasir, vanili, daun jeruk, serta daun pandan.

Lihat Pula: Resep Kue Bika Ambon

Proses Pembuatan 12 Jam

Meski bahan-bahan tersebut masih terbilang sederhana akan tetapi proses pembuatannya memerlukan jangka waktu berjam-jam hingga 12 jam. Hal ini karena proses fermentasi adonan memang memerlukan waktu yang lama. Selain itu pemilihan bahan-bahan kue bika ambon juga ada syarat yang harus dipatuhi.

Misalnya telur ayam. Telur yang digunakan haruslah telur yang masih segar atau telur yang baru menetas. Itu lebih baik agar hasilnya lebih maksimal. Lalu penggunaan air nira dipastikan harus dihasilkan dari pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai.

Konon syarat-syarat tersebut harus dipenuhi supaya adonan bika ambon mengembang sempurna. Teskturnya juga akan berlubang dan berserat dari bagian bawah kue.

Add a Comment