Badai Laura Menerjang Amerika Serikat, AS Bersiap Hadapi

Badai Laura Menerjang Amerika Serikat

PrimaBerita – Badai Laura akan menerjang Amerika Serikat. Badai dlaporkan bergerak ke arah barat daya dan akan menerjang negara bagian Louisiana, dekat perbatasan Texas, Amerika Serikat.

Badai Laura menerjang Amerika Serikat dengan kekuatan kategori empat pada Rabu (26/8) malam waktu setempat.

Kecepatan badai Laura sekitar 60 mil (95 kilometer per jam) saat berada d! selatan Danau Charles dan bergerak ke wilayah utara-barat laut dengan kecepatan 24 kilometer per jam.

Akan tetapi, perlahan-lahan kecepatan Badai Laura meningkat hingga mencapai 241 kilometer per jam sebelum malam tiba. Pakar cuaca memperkirakan Badai Laura akan membuat curah hujan setinggi 38 centimeter.

Peramal cuaca menerbitkan serangkaian peringatan tornado saat Badai Laura menerjang, tetapi tidak ada laporan kerusakan segera.

Menurut laporan sementara, badai menyebabkan putusnya jaringan listrik yang menghubungkan ribuan rumah dan kawasan bisnis.

Selain itu badai membuat gelombang tinggi pada laut dan menerjang pantai. Akibatnya, air laut menggenangi daratan hingga setinggi enam meter.

Pemerintah setempat meminta penduduk pesisir Texas dan Louisiana untuk mengungsi, tetapi tidak semua orang mau melakukannya.

Melansir dari Associated Press, Trent Savoie (31) salah satu warga menolak evakuasi mengatakan Ia akan tetap tinggal untuk menjaga empat anak dan 100 hewan ternak.

Para pejabat setempat mengatakan setidaknya 150 orang menolak evakuasi dan berencana untuk mandiri menghadapi badai, dengan cara membendung rumah.

Sementara itu, Gubernur Texas, Greg Abbott, dan Gubernur Louisiana, John Bel Edwards, resah bahwa perkiraan mengerikan akibat terjangan Badai Laura tidak membuat penduduk khawatir. Meskipun mereka sudah mewajibkan lebih dari 500 ribu penduduk di kawasan pesisir supaya mengungsi.

Edwards bahkan mengerahkan pasukan Korps Garda Nasional negara bagian untuk bersiap menjadi tim evakuasi.

Lalu, di seberang garis negara bagian di Port Arthur, Texas, malah ada beberapa penduduk yang tersesat saat naik bus untuk mengungsi menghindari badai. Pejabat kota setempat mengumumkan bahwa dua pesawat angkut Lockheed C-130 akan mengangkut mereka yang mau mengungsi.

Abbot memperingatkan bahwa penduduk yang memilih tinggal pada daerah yang d!lalui Badai Laura akan terancam dan terputus dari pasokan bantuan, jika akses menuju daerah mereka tertutup akibat terjangan badai.

Add a Comment