4 Minuman Untuk Melancarkan Menstruasi

PrimaDaily – Setiap perempuan bisa mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda bisa lebih lama atau lebih cepat. Namun normalnya, menstruasi pada wanita adalah 28-35 hari. Untuk melancarkan menstruasi cobalah mengonsumsi makanan dan minuman yang berpengaruh pada siklus.

Biasanya seseorang akan mengalami menstruasi yang tidak teratur pada tahun pertama saat mulai menstruasi dan menjelang menopause.

Namun, ada juga sebagian perempuan yang sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan di luar kedua waktu tersebut.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres berkepanjangan, penurunan berat badan, penyakit, dan lain-lain.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Karolinska Institute, pola makan dapat berpengaruh terhadap kelancaran menstruasi.

Berikut ini minuman untuk melancarkan menstruasi:

1. Minum Jus Wortel

Ternyata tidak hanya baik untuk mata, tetapi wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat menjaga agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Dengan minum jus wortel tanpa gula secara rutin, masalah siklus menstruasi yang tidak teratur pun bisa diatasi.

2. Air Kelapa Hijau

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa hijau juga baik untuk melancarkan haid. Di dalam air kelapa hijau, terdapat kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan juga antivirus.

Air kelapa juga mengandung berbagai macam gizi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

3. Air Rebusan Daun Pepaya

Rasa pahit daun pepaya tidak seberapa jika dibandingkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap, yaitu A, B, C, D, dan E serta kalsium, sehingga berkhasiat melancarkan siklus menstruasi.

Cara membuatnya adalah rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam, serta dua gelas air. Rebusan daun papaya juga efektif mengurangi nyeri haid.

4. Jamu Kunyit

Jamu kunyit sudah dikenal akan manfaatnya untuk masalah kewanitaan. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Kunyit juga berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Jadi, rutinlah meminum jamu kunyit agar menstruasi lancar.

Gaya Hidup Sehat

Cara yang sangat efektif untuk melancarkan siklus menstruasi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ini tidak hanya melalui konsumsi makanan bergizi, tetapi juga memperbanyak asupan air putih, dan berolahraga.

Untuk itulah, anda perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, tidur larut malam, dan mengonsumsi kafein berlebihan

Sumber artikel: Primadaily.com4 Minuman Untuk Melancarkan Menstruasi.

Add a Comment