Telah Sampai, Vaksin Covid-19 Asal China Diserahkan Kepada Bio Farma

Vaksin Covid-19 Asal China

PrimaBerita – Vaksin covid-19 asal perusahaan China yang sudah sampai pada minggu (19/07/2020) kini diserahkan kepada PT Bio Farma untuk dilakukan pengujian klinis. Plt juru bicara Kemenlu yang menyampaikan hal ini.

“Betul, sudah sampai pada minggu. Sudah diserahkan ke Bio Farma,” kata Faizasyah Llt jubir Kemenlu, senin.

Dalam hal ini menurut dia Kementerian Luar Negeri hanya memfasilitasi proses vaksin yang datang dari China ke Indonesia saja. Maka untuk mengembangkan vaksin tersebut, Indonesia bekerjasama dengan China lewat kerjasama internasional.

Baca JugaVaksin Corona Menjadi Incaran Mata-Mata Rusia

“Strategi jangka pendek memang untuk memastikan akses ke vaksin manakala sudah siap diproduksi dan ini dilakukan melalui kerjasama internasional,” katanya.

Selain itu Indonesia juga diketahui membentuk konsorsium nasional. Yang mana hal tersebut sebagai upaya jangka menengah atau panjang dalam membangun kemandirian atas akses vaksin covid-19 (virus corona).

Direktur utama PT Bio Farma, Honesti Basyir menyebutkan kalau vaksin virus corona yang diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd telah melampaui uji klinisnya yakni fase I dan fase II. Dan kini uji klinis tahap III pun akan segera dilaksanakan diberbagai negara dalam waktu dekat. Termasuk di tanah air.

“Transfer teknologi produksi vaksin covid-19 dari Sinovac ke Bio Farma dilakukan saat uji klinis fase ketiga,” ujar Honesti lewat konferensi pers di kanal youtube Sekretariat Presiden.

Kenati demikian dalam persiapan uji klinis fase III ini, pihak Bio Farma akan bekerjasama dengan Unpad dan Balitbangkes. Selain itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak BPOM. Jika disetujui maka vaksin covid-19 asal China tersebut sudah bisa mulai digunakan dalam keadaan darurat di kuartal pertama 2021.

Add a Comment