Vaksin Corona Menjadi Incaran Mata-Mata Rusia

Vaksin Corona incaran mata-mata Rusia

PrimaBerita –  Vaksin Corona (COVID-19) menjadi incaran mata-mata Rusia. Rusia disebut menyasar organisasi yang sedang mengembangkan vaksin Corona di Inggris hingga Kanada.

Seperti dilansir dari BBC, Jumat (17/7/2020) Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC) mengatakan, para peretas “hampir dipastikan” beroperasi sebagai “bagian dari dinas intelijen Rusia”.

Badan itu tidak secara spesifik menyebutkan organisasi yang menjadi target, atau apakah ada informasi yang dicuri.

Tapi dikatakan bahwa penelitian vaksin tidak terhambat karena para peretas. Rusia membantah bahwa mereka bertanggung jawab atas tuduhan spionase ini.

Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Putin mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki informasi tentang siapa yang mungkin meretas perusahaan farmasi dan pusat penelitian di Inggris Raya. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak ada hubungan sama sekali dalam upaya tersebut.

Peringatan soal spionase itu diterbitkan oleh grup layanan keamanan lintas negara seperti NCSC Inggris, Badan Keamanan Komunikasi Kanada (CSE), Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (DHS) Badan Keamanan Infrastruktur Keamanan Siber (CISA) dan Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Sementara itu, seorang ahli mengatakan “masuk akal” bila vaksin Corona menjadi incaran mata-mata Rusia, meskipun Kremlin telah membantah.

“Sudah jadi pengetahuan umum bahwa dalam ruang siber, atribusi sulit tapi bukan tidak mungkin,” Emily Taylor dari lembaga kajian Chatham House berkomentar.

“Biasanya layanan keamanan jauh lebih berhati-hati dalam bahasa mereka jika mereka merasa ada keraguan,”.

“Cozy Bear (kelompok yang disebutkan) telah terlibat dalam serangan siber di masa lalu dan meninggalkan jejak, dan ada kaitan yang cukup kuat dengan negara Rusia itu sendiri.”

 

Add a Comment